Kembali Ke Index Video


DI SALATIGA BANGUNAN CAGAR BUDAYA DIBIARKAN MANGKRAK

Sabtu, 23 Juli 2016 | 16:30 WIB
Dibaca: 2269
DI SALATIGA  BANGUNAN CAGAR BUDAYA  DIBIARKAN MANGKRAK
bangunan cagar budaya mangkrak

MEDIA PASTVNEWS.COM, BANYAK  bangunan cagar  budaya (BCB)  di Salatiga  keadaan kurang terawat,  bahkan  rusak  parah dan beralih  fungsi menjadi milik pribadi.  Bangunan yang  bernilai sejarah dan menjadi bisu perjalanan bangsa ini cenderung rusak.Salatiga berada di lereng gunung  Merbabu, dengan luas wilayah 17,87  kilometer.

Sebenarnya, kaya berupa benda cagar budaya peninggalan pemerintah  Belanda jumlahnya mencapai  192  unit yang tersebar di  berbagai  wilayah.  Sayangnya, kekayaan  itu belum  dibarengi dengan penyediaan  Sumber Daya  Manusia (SDM) atau  mereka justru tak peduli,  padahal jika dikelola secara baik akan menambah daya tarik  wisatawan untuk berkunjung di  kota  Salatiga.

 

Tercatat sebanyak  77  dari 192  benda  cagar budaya  yang ada dinyatakan  hilang dan puluhan lainnya  telah berubah status  menjadi milik pribadi, dari ratusan  benda cagar budaya yang ada , sebagian besar  saat  sebagian  sudah pindah tangan menjadi milik swasta atau milik pribadi dan  keadaan dalam kondisi tidak terawat.

 

Kondisi ini diakibatkan kurangnya ada  peraturan terkait  perlindungan  dan pelestarian  benda cagar budaya, di samping itu masih rendahnya  perhatian masyarakat terhadap   benda cagar budaya yang  rata-rata  usianya  ratusan tahun lebih.

Tercatat  lebih dari  112 buah  cagar budaya  16  BCB memiliki  arti penting. Diantaranya, rumah  Dinas  walikota ,Gereja  GPIB yang berusia 195 tahun,SD Salatiga 120 tahun dan kantor BCA yang sebelumnya merupakan hotel  peninggalan Belanda hotel  Pension  Van  Blommestein dan diperkirakan usia lebih dari  ratusan tahun.  Dan  bekas  Kodim  0714/ Salatiga.Kini  bangunan yang bernilai sejarah itu dibiarkan dalama keadaan  mangkrak.  isan riyanto  




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi