Kembali Ke Index Video


BANTUL "KEPYAKKAN" 18 KOMUNITAS SENI BUDAYA

Sabtu, 22 Desember 2018 | 00:15 WIB
Dibaca: 1152
BANTUL "KEPYAKKAN" 18 KOMUNITAS SENI BUDAYA

Bantul - Media onlne -Pastvnews.com lintas seni budaya. Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul D I Yogyakarta bersama Dewan Kebudayaan (DK) kabupaten ini melakukan "kepyakkan" (mendeklarasikan/membentuk) 18 forum seni budaya.

Penyerahan Surat Keputusan Dari Dinas Kebudayaan ini dilakukan oleh Kepala Dinas ini Sunarto SH MM, didampingi Ketua Dewan Kebudayaan Bantul Prof Kasidi Hadiprayitno, di Pendopo Komplek II Pemda Bantul, Jumat (21/12).

Forum Komunitas yang dimaksud adalah Forum Komunikasi Ketoprak Bantul (FKKB), Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI), Komunitas Kerawitan Bantul (KKB), Paguyuban Teater Bantul (PTB), Paguyuban Seniman Tari Bantul (PTSB).

Forum Komunikasi Jatilan Bantul (FKJB), Himpunan Artis Musik Keroncong Republik Indonesia (HAMKRI),  Paguyuban Sindhen Bantul (PASEBAN) ,Forum Komunikasi Musum Bantul (FKMB) dan Masyarakaf Sejarah Indonesia (MSI) Bantul.

Sedang forum lainnya ada Paguyuban Moco Pat Sekar Tamansari, Paguyuban Satrawan Jawa (PARAMARTA) Bantul, MGMP Bahasa Daerah SMP/MTS, SGMP Bahasa Daerah SMA/SMK/MA, MGMP SMP/MTS, MGMP Sejarah SMP, MGMP Sejarah SMA/SMK/MA,  KKG Bahasa Daerah SD/MI serta Kousmania.

Pada kesempatan itu Kadinas Kebudayaan  Bantul Sunarto SH.MM mengatakan , dengan adanya 18 paguyuban atau forum tersebut diharapkan  bisa memberikan kemajuan di  bidang seni budaya.

Sementara pada kesempatan sama  Prof Kasidi Hadiprayitno mengharapkan furom dan paguyuban diatas agar berkerja profesional mampu  membawa seni budaya di daerah, nasional dan internasional.

Itu bukan hal yang tidak mungkin karena dunia semakin perhatian terhadap seni budaya jawa. Bahkan menurut informasi anggaran untuk pengembangqn seni budaya nantinya relatif besar yaitu trilyunan," katanya.

Seni dan budaya jawa sangatlah mungkin akan masuk di sekolah sehingga akan menarik minat generasi muda.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi