Kembali Ke Index Video


Aktualisasi Tata Nilai Budaya Yogyakarta Golog gilig, Sawiji , Ora mingkuh

Kamis, 21 September 2017 | 20:16 WIB
Dibaca: 1123
Aktualisasi Tata Nilai Budaya Yogyakarta  Golog gilig, Sawiji ,  Ora mingkuh
tarian sambutan

Media online pastvnews Bahasa  Jawa di kalangan generasi muda sangat memprihatinkan, seharusnya banyak  pihak yang harus konsisten terhadap pengembangan bahasa Jawa,perlu adanya pembelajar  di kalangan generasi muda khususnya kaum muda.

Jika  dalam  waktu yang tidak terlalu kemungkinan besar  bahasa Jawa bisa saja tergerus oleh modernisasi. Termasuk di dalamnya  tata pergaulan sehari-hari “unggah-ungguh”  di  kalangan  kaum muda dirasa  cukup memprihatinkan, banyak yang kurang memahami  unggah-ungguh.

Hal tersebut terungkap saat berlangsung saat tanya jawab dalam  workshop Pendidikan Karakter dan  unggah ungguh Jawa, yang diadakan di Gedung  Data  MLPS Pendopo Taansiswa, Yogyakarta Selasa (19/9/2017).Penyelenggaraan didukung Sahabat  Museum Dewantara  Kirti Griya,Duta Museum dan Majelis  Luhur  Persatuan Tamansiswa.

Tampil sebagai  pembicara Dr.Sri Ratna  Saktimulya,M.Hum Ketua Bidang  Pendidikan & Pelatihan  BARAHMUS DIY dan anggota Badan  Khusus  PPK  Tamansiswa. Dikatakan, proses pengubahan  sikap dan tata  laku  seseorang  atau  sekelompok  orang dalam   usaha  mendewasakan  manusia  melalui upaya pengajaran  dan pelatihan.Pendidikan karakter bagi  kaum muda  penting.Sebagai   orang Jawa  hendaknya tahu dan memahami tata krama, sopan santun, unggah-ungguh hal tersebut disampaikan Dr. Sri Ratna Saktimulya M.Hum  dihadapan peserta  pemandu wisata, duta  wisata.” Pendidikan  karakter   dan unggah-ungguh  perlu ditanamkan  sebagai  bekal  landasan gerak  mengisi  Jogja Istimewa.” Ujar penerima pelestari naskah-naskah kuno Pakualaman tahun 2017. Dikatakan Tata nilai  budaya Jawa  yang  memilki kekhasan semangat, pengaktualisasikan  berupa  pengerahan  segenap  sumber daya (golong gilig)  secara terpadu (sawiji)  dalam kegigihan dan kerja  keras  yang dinamis  (greget)  dan tidak  akan mundur  dalam menghadapi  tantangan (ora  mingkuh).Menurutnya, ada  tata nilai  Budaya Yogyakarta yang  diantaranya,  tata nilai  religi- spiritual,moral,kemasyarakatan,adat- istiadat dan tradisi  pendidikan  dan pengetahuan, tehnologi,penataan  ruang  dan arsitektur, mata pencaharian,kesenian, bahasa benda cagar budaya  dan kawasan cagar budaya, kepemiminan  dan pemerintahan, kejuangan dan kebangsaan  dan  nilai semangat  keyogyakartaan. Joe/isan riyanto


Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi