Seni Dan Budaya

Generasi Muda Masa Depan Giripurwo…

Minggu, 12 Desember 2021 | 21:33 WIB 0 comments
Generasi Muda Masa Depan Giripurwo… Gunungkidul - Pastvnews. com. Sudah menjadi bukti yangg tersirat maupun tidak tersurat kebudayaan adiluhungmampu mempersatukan warga yang lain untuk saling kenal dan memahami dan ini perlu untuk masa sekarang dan yang alan datang.   Satu kegiatan yang terbilang unik untuk  melestarikan atau Menguri uri Kebudayan uga sekaligus berguna mempertahankan nilai seni dan Budaya Kalurahan Giripurwo Kapanewon Purwosari Gunungkidul kidul menggelar Festival Budaya anak.anak yang diikuti mulai dari Paud TK. dan SD. Acara di gelar dikomplek Kalurahan Giripurwo Sabtu 11 /12 dan tampak meriah..   Lurah Giripurwo saat ditemui  awak media pastvnews di lokasi menjelaskan  pada festival tesebut di ikuti dari Paud TK dan SD se Kalurahan Giripurwo tentu ini sebagai bagian dari yang kami dukung untuk eksis kalau tidak kita yang melestariak mau siapa lagi  ini  kegiatan yang sangat positif ‘kata lurah tersebut.   Dia menambahkan, maksud dan tujuan di gelarnya potensi budaya terebut biar mereka merasa handarbeni /memiliki sekaligus  memupuk dan memperkenalkan kepada anak sejak di biar kelak tahu  bahwa wilayah Giripurwo  kaya  akan budaya dan tradisi serta kesenian  yang  harus diwariskan ke anak cucu Karena  Giripurwo  sudah menyandang  Sebagai Kalurahan Budaya.    "Sebagai Kalurahan Budaya kami harus memperkenalkan budaya kita agar anak anak tahu dan merasa memiliki.budaya  yangg ada. Ujar Supriadi.   Berbagai kreasi seni di tampilkan di acara tersebut seperti dagelan. Anak tarian dan masih banyak kreasi seni lainya dalam gelar festifal budaya tersebut juga mengundang dewan yuri yakni dari Pengurus Kalurahan Budaya dari Pendamping Budaya dan dari Dosen  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)   Supriadi menambahkan  dari masing Masing sekolahan mengirimkan kreasinya guna memupuk dan membangun karakter anak agar kelak bisa melanjutkan apa yang telah di rintis oleh pendahulunya. Harapannya nantinya anak anak Giripurwo bisa memahami bahwa Seni dan budaya bisa diterapkan dimana saja termasuk dilingkungan masing  masing .pungkasnya. wg/red

Read more

Prosesi akhir Ruwatan Putat 10…

Sabtu, 13 November 2021 | 07:40 WIB 0 comments
Prosesi akhir Ruwatan Putat 10… Gunungkidul- media pastvnews.com, upacara adat  ruwat murwakala bumi putat dan wayangan yang dihelat di Joglo Batur Putat Kamis Legi 11 November 2021 meriah.

Read more

Adat Tradisi Ruwatan Putat Patuk…

Jumat, 12 November 2021 | 10:24 WIB 0 comments
Adat Tradisi Ruwatan Putat Patuk… Gunungkidul- media pastvnews.com, ruwatan masal digelar Kamis legi  dijoglo Batur Putat Kapanewon Patuk Gunungkidul meriah. Kegiatan ini menampilkan dalang  wayang kulit Ki Cermo  dari Ngleri Playen.

Read more

Adat Tradisi Prosesi Pembukaan…

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:09 WIB 0 comments
Adat Tradisi Prosesi Pembukaan… Panggang- media pastvnews.com,  adat dan budaya di Mendak Girisekar Panggang sudah berlangsungg lama dan turun temurun.

Read more

Dr.Sofyan Suri Susilohadi "Makna…

Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:56 WIB 0 comments
Dr.Sofyan Suri Susilohadi "Makna… Yogyakarta- media pastvnews.com, jamasan keris bagi orang Jawa Dahulu ketika memasuki tanggal 1 suro atau tanggal 1 Muharrom banyak yang melakukan jamasan pusaka.

Read more

Dr.Sofyan 1 Suro 1443 H/2021 Jamasan…

Selasa, 10 Agustus 2021 | 22:20 WIB 0 comments
Dr.Sofyan 1 Suro 1443 H/2021 Jamasan… Kalasan- media pastvmews.com, bertepatan tanggal 1 suro atau 1 Muharram 1443 H  pemerhati  budaya dan keris bapak Dr. Sofyan  Suri Susilohadi THT pada hari Senin  10 Agustus 2021  menggelar jamasan pusaka keris di Kalasan sleman Yogyakarta.

Read more

Perawat Keris Edi Supriyanto Indonesia…

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 08:28 WIB 0 comments
Perawat Keris Edi Supriyanto Indonesia… Kalasan - pastvnews.com, ratusan keris yang dikoleksi Edi Supriyanto Di Kersan Tirtomartani Sleman  jumlahnya hampir 1000  buah selain keris juga ada ragam pusaka tombak yang di taruh dalam rungan khusus pusaka

Read more

Bupati Sleman Sambut Baik Merti…

Senin, 28 Juni 2021 | 19:53 WIB 0 comments
Bupati Sleman Sambut Baik Merti… SLEMAN-media Pastvnews.com Warga dusun Cerbonan Sendangmulyo Minggir mengadakan Kegiatan Merti Dusun secara virtual Minggu, 27 Juni 2021.

Read more