Seni Dan Budaya

INILAH KONGRES BAHASA JAWA (KBJ)…

Selasa, 15 November 2016 | 15:49 WIB 0 comments
INILAH KONGRES BAHASA JAWA (KBJ)… Jogja media pastvnews.com,ditandai  pembacaan hasil rekomendasi Kongres Bahasa Jawa VI oleh  Ketua  Umum  Drs. Nursatwiko  secara resmi ditutup. Dalam sambutan tertulis Gubernur  DIY yang dibacakan  Asisten  Keistimewaan Povinsi DIY  Drs. Didik Purwadi,menyatakan rekomendasi yang dihasilkan  dalam kongres  dan disepakati merupakan  wujud dari pelestarian dapat  dilakukan baik pemerintah maupun masyarakat.

Read more

KUDA LUMPING PUTRI BANYAK DI MINAT…

Kamis, 3 November 2016 | 09:03 WIB 0 comments
KUDA LUMPING PUTRI BANYAK DI MINAT… Media pastvnews.com, kesenian tradisionil jawa banyak ragamnya dan masih eksis hingga sekarang dan kehadirannya banyak di suka para pecinta kesenian sehingga aksinya terus di nanti para pemburui tontonan.

Read more

MEMAKNAI KARYA GODOD SUTEJO ‘JANGAN…

Rabu, 2 November 2016 | 20:16 WIB 0 comments
MEMAKNAI KARYA GODOD SUTEJO ‘JANGAN… MEDIA WARTA DIGITAL PASTVNEWS, LUKISAN yang baik,bagus dan bermutu, bersumber dari pikiran jernih,kejujuran dari nurani.Alam   dan segala isi yang  ada di sekitarnya, merupakan guru  terbaik dan bijaksana, merupakan  obyek  yang tak habis-habisnya  memberikan  inspirasi bagi  seniman.

Read more

Keunikan Adat Budaya Sampai Tlogo…

Senin, 31 Oktober 2016 | 09:00 WIB 0 comments
Patuk-media pastvnews.com Salah satu kampung yang cukup terkenal karena memiliki penduduk padat namun beda dengan Kampung yang sagtu ini ada sebuah nama kampung Pitu yang hanya ditempati 7 KK dan mitosnya,  juga memiliki keunikan tersendiri.

Read more

MUSEUM PURA PAKUALAMAN

Minggu, 30 Oktober 2016 | 08:23 WIB 0 comments
MUSEUM PURA PAKUALAMAN Media online pastvnews.com, update warta mosium kraton ada baiknya jika belum pernah ke Yogyakarta maka bisa menyinggahi musium yang satu ini letaknya  1 km  arah ke timur, terdapat museum  Pura Pakualaman, museum ini merupakan  museum  yang usia tidak jauh berbeda dengan museum Keraton sebagaimana diungkapkan, KPH Indrokusumo, museum ini khusus   hanya berisi koleksi milik  Pura Pakualaman.

Read more

Marangi Tosan Aji Bulan Suro

Minggu, 16 Oktober 2016 | 20:17 WIB 0 comments
Marangi Tosan Aji Bulan Suro media online Pastvnews.com- Lain daerah mungkin berbeda cara merawat tasan aji, seperti di jawa barat, merawat atau membersihkan tosan aji di bulan mauled, berbeda dengan Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY, rata-rata untuk membersihkan atau orang jawa menyebutnya marangi pusaka, biasanya pada bulan Suro.

Read more

Ketoprak Ki Ageng Tarub kisahkan…

Minggu, 16 Oktober 2016 | 06:54 WIB 0 comments
Ketoprak Ki Ageng Tarub kisahkan… Kesenian ketoprak matram kian di minati meski akhir akhir ini kesenian Jawa ini sempat suram dan tergerus dengan ragam kebudayaan dan kesnian yang lain. pentas kesenian ketoprak matak dengan lakon babat hutan pucung mengisahkan runtuhnyA kerajaan majapahid dan putra putranyA berakhir melarikan diri.

Read more

Ajaran Astabrata

Kamis, 13 Oktober 2016 | 20:56 WIB 0 comments
Ajaran Astabrata Media pastvnews.com, yuk kita ketahuai ajaran pemayangan dalam ajaran astra brata mana  pengaruh watak, sifat, dan karakteristik yang dimiliki para pemimpin Jawa,  belum lama  sebuah dialog budaya digelar mengupas tuntas,  “Ajaran Astha Brata Kadipaten Pakualaman, Relevansinya  dengan Kepemimpinan  Masa Kini”,. Dialog yang digelar rutin,diadakan  setiap  Selasa Wage, di  Kepatihan Danurejan, Yogyakarta.

Read more