Kembali Ke Index Video


Jogja Exotarium Rayakan Ulang Tahun Dengan Mengelar Kontes Kambing Kaligesing

Senin, 9 Desember 2019 | 07:32 WIB
Dibaca: 97
Jogja Exotarium Rayakan Ulang Tahun Dengan Mengelar Kontes Kambing Kaligesing
[ESERTA SABET PRESTASI KONTES KAMBING PESERTANYA DI JE MEMBLUDAK

Sleman-pastvnews.com aneka warta ragam hobis. Dalam rangkaian merayakan Ulang Tahun ke dua, Mini Zoo Jogja Exotarium Sleman menggelar kontes kambing Kaligesing bertaraf regional DIY -Jateng.

Kontes yang dgelar di samping taman bunga Parijoto inipun dipadati tidak hanya peserta kontes, namun juga wisatawan yang datang ke Jogja Exotarium.

Dalam kontes tersebut Lintang Jagad dengan pemilik H Salafudin asal Tegal berhasil merebut juara I kelas Jantan B.

Sedangkan Pajera, asal Banjarnegara yang merupakan milik Ketua DPP Perkanas, Mistono harus puas di posisi runner up. Dan juara ke tiga diraih  Barokah, milik Yusuf yang berasal dari Wonosobo.

Sementara itu di kelas Jantan C, juara I digondol Jojo, kambing Matsuko asal Banjarnegara. Juara II dan III masing-masing direbut oleh Perwira dari Rizkiy Farm Purbalinga dan kambing Slamet dari Wiramuda Farm asal Wonosari.

Ketua Panitya Kontes Kaligesing yang Ketua DPD Perkanas Sleman, Akbar Taruna mengatakan kontes yang baru pertama kali digelar ini diikuti lebih dari 150 peserta. Dan hadiah yang disediakan panitya sebesar Rp 27 juta.

"Dengan adanya kontes ini diharapkan dapat mengairahkan para peternak kambing Kaligesing. Di mana ternak ini merupakan asli Indonesia. Selain itu tentu akan meningkatkan kesejahteraan peternak. Mengingat harga kambing yang menang kontes harganya bisa mencapai ratusan juta" sambung Direktur Jogja Exotarium ini.

Ditambahkannya, melihat animo peserta (peternak) yang sangat banyak, ke depan kontes ini akan digelar setiap tahun. Bahkan nantinya digelar kontes berlevel nasional.

Sementara itu Ketua DPP Perkanas (Perkumpulan Peternakan Kambing Kaligesing Nasional), Mistono menjelaskan kontes ini mempertandingkan delapan kelas. Yakni kelas Jantan A, B, C dan D serta Betina  A,B,C juga D.

"Kelas A yakni kambing dengan ciri lepas gigi/tumbuh lebih dari 6, kategori B yaitu kambing dengan lepas gigi/tumbuh 6. Sedangkan C, tinggi kambing lebih dari 70 cm, dan kelas D yaitu kambing dengan tinggi 50-70cm" terang pria asal Banjarnegara ini.

Lebih jauh Mistono mengatakan dalam penilaian ini ada 11 parameter. Di antaranya yang dinilai adalah pasung, yang meliputi mata, telingga bentuk kepala, kemudian ekor hingga keindahan bulu. (jar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi