Kembali Ke Index Video


Batu Akik Sintetis Beredar "Akik Asli Terpuruk Pasaran Mulai Reda ?

Sabtu, 29 Agustus 2015 | 22:36 WIB
Dibaca: 4135
Batu Akik Sintetis Beredar "Akik Asli Terpuruk  Pasaran Mulai Reda ?
AKIK SINTETIS BERBAHAN CALSEDON PUTIH DI PROSES DENGAN PEWARNAAN YANG APIK HARGA MURAH MERIAH TAPI JATUHKAN HARGA

Media-PASTVNEWS.COM,Penggemar batu mulai atu akik alias gamestone sudah kita dengar mampu mengoyak ke pelosok berbagai wilayah sehingga memang  mengangkat bisnis akik ke tataran public dan menjadi bagian usaha yang menguntungkan.  

Ipung tinggal di perum Sindet Bantul kepada media ini menjabarkan, sejak ramadan 2015 lalu  bisnis batu akik atau pemoles  batu bahan akik terasa menurun  dan nyatanya gejala itu  telah dapat di rasakan banyak orang.

Karena di pasaran beredar batu akik sintetis atau batu akik palsu sehingga cukup berpengaruh negatif terhadap batu akik asli. Papar Ipung.

Pria asal Suka bumi Jabar  ini menambhakan, pelaku usaha batu akik  akan bisa netrend lagi setelah batu batu murahan menghilang, Saya sudah hafal dengan kondisi seperti ini bahkan batu akik yang lagi booming menjadi sasaran empuk importer, dengan demikian sirkulasinya akan ada akik sintetis dengan harga yang murah.

Tentu adanya batu-batu non sintetis atau asli alam bisa menurun bahkan mulai sepi. 

Saya mengerjakan polesan bahan batu akik pakai mesin namun hasil kerjaan menumpuk bahkan mulai sepi omm, akibat akik palsu itu kelur Dia.

Ketika di tanya bagimana keberadaan akik palsu yang di maksud itu ? Ipung menjelaskan, keberadaan akik palsu harus di cermati, sebab bahan batu akik di buat secara proses kimiawi, namun batu yang di buat dari jenis calsedon putih yang di beri pewarnaan.

Proses pewarnaan ini lanjut Ipung tentu bisa sesuai keinginan dan pasaran yang lagi ngetop, kemudianakik sintetis di datangkan dari luar negri seperti cina dan Negara lainnya.

Ciri lain dapat di lunturkan warna dengan jenis bahan kemia sepeti pencuci lantai keramik dan lain lain.

Ciri batu akik palsu adalah warna kinclong dan tidak bergambar, kemudian batu akik ini harganya cukup murah antara Rp. 15000 s/d 30.000  saja perbuahnya kata Ipung asal Sukabumi jawa barat  tersebut.

Saya kira batu akik yang berkualitas akan tetap punya pasar tersendiri, dan pasaran menengah juga ada sedang pemula jug ada. kondisi seperti ini pengalaman dulu hanya kisaran 4 bulanan saja.

Beredar palsu maka jelas pasaran akik meredup tetapi akan kembali menggoyang lagi, tapi yang cepat luntur adalah penghobi pemula yang mudah drop bahkan menuduh perbatuan dan bisnis akik banyak yang tidak beres karena dapat palsu.

Harga seperti di atas lalu di jual kisaran Rp.150.000 s/d 300.000 Ribu.

Sedang batu akik kualitas tetap jalan, namun memang memunculkan kelas dan penghobi, yakni kelas pemula, menengah dan kolktor di kota kota tersendiri.

Untuk kelas atas tidak tergoyahkan serbuan akik sintetis, papar Ipung. 

Nah ini yang musti di cermati sehingga jangan asal beli batu akik serta jangan di sama ratakan, apalagi asal beli jangan di lakukan.

Beda hal jika anda memiliki batu asli dan di poleskan ke tempat perajin maka akan terjamin kualitasnya. "Sedang untuk contoh batu sintetis seperti dalam foto ini kata Ipung selasa 29 agustus 2015. Tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi