Kembali Ke Index Video


Optimalkan Fungsi Linmas, Kapolsek Nglipar Berikan Penyuluhan Tugas Dan Fungsinya

Jumat, 30 September 2016 | 10:23 WIB
Dibaca: 2031
Optimalkan Fungsi Linmas, Kapolsek Nglipar Berikan Penyuluhan Tugas Dan Fungsinya
MAPOLSEK NGLIPAR GUNUNGKIDUL

Gunungkidul-media Pastvnews.com - Muspika Kecamatan Nglipar saat ini berupaya meningkatkan kinerja serta fungsi Perlindungan Masnyarakat (LINMAS), dengan mengadakan pembinaan terhadap Linmas di 7 desa  di Aula Kecamatan Nglipar, Kamis,29/09/2016 siang.

Dengan diadakan pembinaan Linmas tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsinya sebagai sebagai Perlindungan Masyarakat. Selain itu juga berikan wawasan pengetahuan supaya mengenal lebih dekat dengan masyarakat serta bisa melakukan fungsi Linmas sebagaimana mestinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Nglipar, Drs. Sabarisman, Kapolsek Nglipar, AKP Kasiwon, dan Danramil Nglipar, Kapten Slamet.

Dalam kesempatan ini Kapolsek Nglipar, Kasiwon,  menghimbau dan berharap agar para anggota linmas lebih aktif merespon keadaan dan ancaman lingkungan di wilayah masing-masing dan melaporkan keadaan tersebut kepada kepala wilayahnya masing-masing.

Jika memang informasi tersebut bisa lebih dini disampaikan, Pemerintah Desa dengan Muspika bisa segera melakukan koordinasi untuk melakukan tindakan antisipasi sedini mungkin.

Diharapkan Linmas setiap ada kegiatan masyarakat tidak perlu diperintah, harus berperan aktif, seperti ada kematian, keramaian, apalagi hajatan dipinggir jalan, linmas berperan pokok untuk mengatur lalu lintas, ujar Kasiwon.

Melihat Gunungkidul angka gantung diri yang cukup tinggi dibanding dengan daerah-daerah yang lain, Linmas juga diharakan bisa mendekat kepada masyarakat kalangan bawah yang merasa hanya hidup sendiri untuk didekati dan diberikan masukan yang baik, masih kata Kapolsek yang tiap malam menyambangi masyarakatnya ini.

Bahkan Kapolsek memerintahkan para anggota Linmas yang hadir untuk mencari warga masyarakat yang betul-betul tidak mampu, dan tidak diperhatikan, satu desa satu orang, nanti akan disambangi Kapolsek Nglipar dan jajaranya termasuk Linmasnya dan akan diberikan bantuan.

“cari satu desa satu orang yang benar-benar tidak mampu dan tidak diperhatikan, nanti saya akan datangi beserta kalian (Linmas) nanti akan kita berikan bantuan dari kapolsek, syukur-syukur Pak Camat bisa ikut, akan lebih bagus,” jelasnya.

Program menyambangi warga masyarakat yang tidak mampu tersebut disambut baik oleh semua peserta bahkan Camat Nglipar dan Danramil Nglipar.

“Bantuan itu dari saya pribadi bukan dari uang kantor, bukan berarti saya ingin disanjung, ini berupakan bentuk kepedulian dan pendekatan kita kepada masyarakat,”pungkas Kasiwon.

Dalam pembinaan tersebut Danramil Nglipar, Kapten Slamet juga memberikan pengarahan menurut bidangnya masing-masing. Linmas merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional, linmas juga merupakan satuan keamanan Indonesia.

Gebrakan yang dilakukan oleh Kapolsek Nglipar yang setiap malam menyambangi masyarakat miskin dan linmas diperintahkan untuk mencari warga yang merasa sendiri yang tidak mampu, untuk diberikan bantuan merupakan gagasan yang bagus dan perlu dicontoh oleh yang lain.

 Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Linmas  yang di bentuk di setiap desa dan anggotanya di angkat dari masyarakat yang telah di berikan pelatihan di bawah pengawasan Bupati.

Dengan aturan yang ada, fungsi linmas dalam kehidupan masyarakat sehari – hari berdasarkan asas legalitas, sebagai bagian dalam penanggulangan bencana, pengamanan pemilu,antisipasi terorisme, ketertiban dan ketentraman masyarakat serta kegiatan social masyarakat. W.Joko Narendro

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi