Kembali Ke Index Video


Massa Orientasi DPRD Efektif Memperkuat Pengetahuan Bagi Dewan

Rabu, 6 November 2019 | 20:53 WIB
Dibaca: 108
Massa Orientasi DPRD Efektif Memperkuat Pengetahuan Bagi Dewan
masa orientasi dprd bantul 2019

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Politik dan Hukum - Diadakannya massa orientasi DPRD Bantul DIY periode 2019 s/d 2024  oleh Badan Diklat Provinsi DIY yang  anggarannya mempergunakan APBD, dinilai diperlukan karena relatif memberikan manfaat bagi kalangan dewan yang mengikutinya.

Hal itu setidaknya diungkapkan oleh sejumlah anggota dewan Bantul periode 2019 s/d 2024 yang baru, disela sela mengikuti  masa orintasi DPRD Bantul pada Rabu (6/11).

Sebagaimana yang dirasakan dan diungkapkan oleh Teguh Santoso S.E (dari Fraksi Partai Golkar dan Komisi A), Anton Wahana S.Sos (dari Fraksi PDI Perjuangan aggota Komisi A) dan Rony Wijaya Indra G.S.E (anggota Komisi C dari Partai Demokrat).

Dirinya mengatakan, Saya memang bertekad menjadi dewan yang baik bahkan terbaik maka harus berwawasan luas, mengetahui dan mengusai berbagai ilmu  yang diperlukan untuk kedewanan. Massa orientasi kali ini salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Dan saya merasakan menjadi bertambah pengetahuannya", kata Teguh Santoso.

Menurutnya, selama ini pihaknya di kedewanan cenderung bersikap diam dan fokus belajar, karena jangan sampai komentarnya salah karena tidak mengetahui permasalahannya. Untuk mengetahui permasalahan, maka harus belajar dengan seksama.

Massa orientasi ini menjadikan pengetahuan semakin mantap, mengusai permasalahan dan berkualitas sebagai dewan yaitu dalam memperjuangkan aspirasikan  masyarakat dan mengkritisi eksekutif.

Sementara itu, Anton Wahana, berpendapat dengan mengikuti massa orientasi ini pihaknya memperoleh pengetahuan banyak hal kaitannya dengan kedewanan. Misalnya, dalam kesempatan ini peserta memperoleh wawasan kebangsaan dan  UUD 1945.

Pada kesempatan sama, Rony Wijaya Indra G, S.E, mengatakan dengan mengikuti massa orientasi ini, lebih memantapkan pengatahuan dibidang kedewanan pada dirinya.

Sehingga sebagai dewan  akan semakin mantap didalam menjalankan fungsi dewan yaitu kontroling (pengawasan), bugjating (penganggaran) yuridis (perundangan).

Massa orientasi ini sendiri berlangsung  selama tanggal 5 hingga 8 Nopember 2019. Para narasumbernya satu dari Badan Diklat DIY, pakar dari akademika dan pihak yang berkopenten lainnya.

Pada hari  ini Rabu (6/10) nara sumbernya adalah Dr. Ir. Aswin Eka Adhi M.Si (dari Badan Diklat DY) dengan materi wawasan kebangsaan. Kedua Agus Wahyu P.Hd (asal UGM)  dengan materi Pancasila dan UUD 1945.

Ketiga Dr Nurhadi Susanto SH.M.hum (asal UGM) dengan materi Kewenangan dan Fungsi DPRD). Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi