Kembali Ke Index Video


KPU RI Targetkan Partisipasi Pemillih Pemilu 2019 Sebesar 77,5 Persen.

Sabtu, 9 Februari 2019 | 19:32 WIB
Dibaca: 48
KPU RI Targetkan Partisipasi Pemillih Pemilu 2019 Sebesar 77,5 Persen.
SEMINAR TENTANG PEMILU 2019

Bantul -pastvnews.com anekawarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan jumlah partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2019 sebesar 77,5 persen.

Mengacu pada tingkat partisipasi pada pemilu 2014 yang mencapai 74 persen dalam Pileg dan 71 persen dalam Pilpres, untuk itu di pemilu 2019 KPU menargetkan ada peningkatan jumlah tingkat partisipasi menjadi 77,5 persen" papar Komisioner KPU RI Ilham Saputra.

Seminar Nasional tersebut untuk mewujudkan Keadilan Pemilu (Electoral Justice)  Pada Pemilu Serentak 2019 yang diadakan Makhamah Konstitusi kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta di Grand Dafam Hotel.

Pria kelahiran Aceh ini menambahkan guna mencapai target tersebut KPU berupaya meneguhkan kedaulatan pemilih. Dan upaya KPU meneguhkan kedaulatan pemilih antara lain dengan pemutakhiran data pemilih yang akurat untuk memastikan pemilih masuk dalam daftar pemilih.

Selain itu, imbuhnya, KPU memberikan pelayanan informasi tentang calon bagi pemilih agar mereka mengenali kandidat yang akan dipilih.

"KPU juga berkomitmen untuk memastikan suara pemilih terjaga otebsitasnya serta meningkatkan kualitas partisipasi pemilih diantaranya dengan Goes to Kampus" tambah Ilham.

Ilham juga menjelaskan ancaman terhadap eksistensi pemilih tidak hanya bersumber pada politik uang. Akan tetapi penyebaran informasi yang bersifat hoaks dan ujaran kebencian dalam bentuk sentimen SARA justru sangat mengkhawatirkan.

"Dan kunci sukses penyelenggaraan pemilu adalah penyelenggara yang kompeten, kredibel serta berintegritas. Begitu pula pemilih, peserta pemilu, dukungan pemerintah dan peradilan pemilu yang berintegritas" tutupnya (njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi