Kembali Ke Index Video


Hudono Mengajak Wartawan Menuliskan Berita Sesuai Fakta

Senin, 8 April 2019 | 17:00 WIB
Dibaca: 513
Hudono Mengajak Wartawan Menuliskan  Berita Sesuai Fakta
hudono

Yogyakarta - pastvnews.com aneka warta, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) D.I.Yogyakarta Hudono mengingatkan dan mengajak dalam menulis berita seorang wartawan harus sesuai dengan fakta di lapangan.

Hudono menambahkan seorang wartawan sebelum menulis berita dan mempublikasikannya jangan lupa melakukan verifikasi.

Selain itu harus kita harus teliti dan melakukan verifikasi. Karena wartawan dalam bekerja harus profesional" tandas Wakil Pimred Koran Merapi ini.

Dijelaskannya, jika seorang wartawan sudah mengetahui sejak awal berita yang akan diekspos tidak sesuai fakta, dan berniat buruk maka hal itu sudah hoax. Oleh sebab itu wartawan harus hati-hati.

Hudono juga menguraikan berita hoax atau berita bohong yang hampir setiap hari beredar adalah produksi media sosial atau medsos. Di mana di medsos ini tidak ada kuratornya atau penanggungjawab konten.

"Seseorang yang menyebar berita bohong di medsos akan dijerat dengan hukum pidana. Dan jika seorang wartawan juga berniat jelek menyebarkan berita bohong juga tidak luput dari ancaman hukum. Namun jika memang tidak itikad jelek hal bisa diselesaikan dengan mengaju pada UU Pers" terangnya.

Dan agar seorang wartawan terhindar dari mempublikasi berita hoax, Hudono mengajak agar wartawan memahami dan melaksanakan kode etik jurnalistik. Dengan memegang kode etik jurnalistik maka hoax akan hilang. (Njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi