Kembali Ke Index Video


FPKS BANTUL KAWAL PERALIHAN ANGGARAN UNTUK COVID -19

Minggu, 12 April 2020 | 19:50 WIB
Dibaca: 415
FPKS BANTUL KAWAL PERALIHAN ANGGARAN UNTUK COVID -19
DPRD BANTUL LAKUKAN RAPAT DEWAN TERKAIT ANGGARAN COVID

Bantul - Pastvnews.com - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bantul Yogyakarta dan DPC partai ini  bertekad ingin mengawal pengalihan dan penggunaan anggaran  dana untuk  penanganan guna menanggulangan Virus Corona (Covid -19).

Yang mendasari sikap kami adalah regulasi panduannya itu sudah ada yaitu  untuk tingkat daerah  mengacu pada permendagri nomor 20 tahun 2020 .

Itu harus dijadikan pedoman, sehingga akan terarah", kata Ketua FPKS Bantul, Arif Haryanto, kepada awak media Pastvnews.com,  di Bantul, Minggu (12/4/2020).

Menurut Arif, dalam regulasi tersebut pemerintah daerah dapat melalukan peninjauan belanja yg tidak penting mendesak untuk dialihkan ke penanganan covid-19, baik dampak langsung bidang kesehatan dalam pencegahan dan penularan penyakit,  serta penanganan pasien.

Dalam hal ini, termasuk untuk menangani dampak akibatnya bagi ekonomi masyarakat. Misalnya pekerja yang di PHK, masyarakat tidak mampu yang lainnya.

Fraksi PKS mengusulkan pengalihan pada 2 fokus itu,  yaitu penyelamatan jiwa (bidang kesehatan)  dan penyelamatan pangan", tegas Arif.

Ia menambahkan, anggaran yang digeser misal dari perjalanan dinas, belanja ATK dan pengadaan barang jasa.

Seluruh anggaran itu dapat diusulkan oleh masing- masing Kepala OPD kepada Sekda / TAPD untuk menjadi daftar penggunaan anggaran (DPA) . Ini pada akhir tahun anggaran nanti dilaporkan dalam akun belanja tidak terduga.

Ketentuan seperti ini, harus diketahui, dipahami dan dijadikan acuan dengan seksama oleh Pemkab dan DPRD Bantul. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi