Kembali Ke Index Video


AKSI SOLIDARITAS MENDUKUNG REVISI UU KPK DIGELAR DI YOGYA

Rabu, 11 September 2019 | 23:40 WIB
Dibaca: 76
AKSI SOLIDARITAS MENDUKUNG REVISI UU KPK DIGELAR DI YOGYA
aksi solidaritas

Yogyakarta - Media online Pastvnews.com - Lintas Politik dan Hukum - Aksi solidaritas mendukung akan adanya revisi UU KPK , digelar di titik nol Yogyakarta , oleh  kelompok orang yang menamakan dirinya dan tergabung dalam "Aksi solidaritas masyarakat kopi (MASKOP), Rabu (11/9).

Revisi UU KPK sudah masuk dalam proggram legislasi nasional DPR RI. Revisi UU nomor 30  pemberantasan Korupsi 2002 tentang Komisi (KPK) yang telah digulirkan MPR , menjadi tuntutan demokrasi untuk mewujudkan  lembaga anti korupsi yang independen", demikian Koordinator Umum Aksi Solodaritas MASKOPI, dalam orasinya, yang berlangsung di titik nol Yogyakarta, Rabu (11/9).

Menurutnya, revisi UU itu juga untuk mewujudkan lembaga (KPK-red) yang profesional dan transparan . Maka dari itu MASKOPI yang terdiri dari seluruh elemen masyarakat Yogya peduli KPK menyatakan sikapnya.

Pernyataan sikap yang pertama adalah  kerja pemerintah akan maksimal kalau antar instansi bisa menjalankan fungsi koordinasi. Maka dari itulah KPK butuh pasal pengawasan, karena transparansi kinerja KPK harus diketahui oleh masyarakat.

 Kedua, UU KPK harus direvisi bukan berarti memperlemah, akan tetapi merubah strategi yang disesuaikan dengan perkembangan  permasalahan dalam memperkuat serta mempertegas arah strategi pemberantasan korupsi.

Pernyataan yang ketiga adalah revisi itu sebagai upaya reformasi dan memperkuat kedudukan dan  profesionalisme lembaga antirasuah tidak hanya azaz independensi, KPK juga harus adil dan tidak tebang pilih serta harus mengedepankan asas 'aquality before the low'.

Pernyataan yang selanjunya bahwa revisi UU KPK langkah menjadikan lembaga itu lebih adil dan obyektif. Bakan berarti akan menghilangkan  eksistensi dan independesi KPK, karena tetap mengedepankan prinsip pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi dengan tetap memperhatikan hak azazi manusia (HAM)", lanjut Mulyadi.

Ia menambahkan, pernyataan yang ke lima adalah  Dewan Pengawas KPK salah satu dari enam poin yang diajukan DPR dalam revisi UU KPK. Dengan dimasukannya dewan tersebut  ditujukan agar kinerja KPK menyelamatkan uang negara dapat dilakukan dengwn optimal.

Aksi solidaritas yang berlansung sekitar 45 menit sejak sekitar pukul 13.20 Wib kali ini, berlangsung tertib dan aman.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi