Kembali Ke Index Video


Teknologi Tepat Guna Biogas Dari Kotoran Sapi Ringankan Beban Petani

Kamis, 7 Februari 2019 | 19:14 WIB
Dibaca: 216
 Teknologi Tepat Guna Biogas Dari Kotoran Sapi Ringankan Beban Petani
nyalakan api dengan biogas dari hasil kotoran sapi

Bantul -  Media online Pastvnews.com -Lintas daerah - warta pertanian, sejumlah petani ternak sapi di Nglanteng Selopamioro Imogiri Bantul DIY memanfaatkan dan kotoran sapi ternaknya untuk dijadikan  biogas untuk  keperluan memasak dalam setiap harinya.

Seperti yang dialami oleh Tukidi (45) dan istri Sariyanti (38) dan sejumlah peternak lainnya mengaku terbantu adanya tehnologi biogas dengan dara ini setidaknya mampu mampu mengerim dalam merogoh kocek kantong dan ini telah berlaku sejak beberapa waktu yang lalu.

Dari hasil pengamatan awak media ini, ternyata tehnologi tepat guna  dalam membuat biogas pada dasarnya sederhana dan mudah.

Caranya kotoran dialirkan dan dimasukan ke bak penampung. Kotoran diaduk aduk dan dialirkan ke pipa untuk disalurkan ke kompor alat memasak", kata Sariyanti, ketika berbincang dengan awak media Pastvnews.com,  sambil tunjukan nyala kompor dari hasil Biogas pada hari Kamis (7/2).

Menurutnya cara ini dilakukannya sejak beberapa waktu lalu. Biogas tetap bisa berfungsi untuk bahan bakar dalam memasak bahkan nyalanya juga bisa besar. Dengan cara ini pula setidaknya menjadikan relatif lebih irit  biaya karena tidak perlu membeli gas elpiji.

Sedangkan ampas (limbah) kotoran ternak dimanfaatka n untuk pupuk. Airnya dimanfaatkan untuk nyirami dan pupuk tanaman.

Ini semua adalah berkat adanya bimbingan dari UGM Yogayarkarta. Temarmasuk bantuan peralatan juga didampinginya.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi