Kembali Ke Index Video


Presiden Minta Peringatan Hari Menanam Pohon Tak Sekedar Seremonial

Minggu, 10 Desember 2017 | 17:28 WIB
Dibaca: 1280
Presiden Minta Peringatan Hari Menanam Pohon Tak Sekedar Seremonial
PRESIDEN JOKO WIDODO KUNJUNGAN KERJA DI GUNUNGKIDUL 9/12/2017

Gunungkidul-media pastvnews.com, menanam  pohon bukan hanya  sekedar seremonial dan menanam pohon harus ditindak lanjuti  dengan  pemeliharaan sehingga dapat  menghasilkan  manfaat untuk  rakyat.

Hal tersebut disampaikan presiden RI Joko Widodo saat  menghadiri  Peringatan Hari  Menanam Pohon Indonesia  dan  Bulan Menanam  Nasional  Tahun 2017  di Desa  Karangasem,  Gunungkidul, DIY.Sabtu,  9//12/2017.

Menurut Presiden  penanaman jutaan pohon yang tidak  disertai  dengan  pemeliharaan  hanya   menghamburkan  anggaran negara  tanpa  memberikan  hasil nyata  untuk masyarakat.

Jangan  hanya  manajemen seremonial, nanam 1  miliar, 1  juta pohon  lupakan.Rakyat senang  hal konkrit, nyata dan ada manfaat nyata dan nada yang bisa  kita lihat fisiknya karena menyangkut anggaran  yang sangat banyak,” kata Presiden.

Biasanya, kita setiap  tahun  melihat lepas hari  menanam  pohon  Indonesia ditanam  1  miliar pohon, di daerah  1 juta pohon. Bertahun-tahun anggaran habis. Kalau  saya   tanya pohonnya ada dimana ? Mana  yang sudah  hijau ?  Ada yang berani  menunjukkan  kepada saya ? “ ucap Presiden.

Terpantau oleh media pastvnews.com, dalam peringatan tersebut ditanam 45  ribu pohon di atas lahan  15 hektar di lima bukit karst, dan diharapkan dengan ditanam dibukit dimaksudkan untuk  mengurangi bencana banjir dan cadangan  air di musim kemarau.

Presiden  juga meminta, pohon yang ditanam pun seharusnya sudah berukuran  cukup besar sehingga  dapat  terus hidup.”Bibit 30 40  cm  dipaksa  tanam  di lapangan  tidak  ada biaya pemeliharaan  mana bisa hidup ? Bener Nggak ?”ujar Presiden.

Pemerintah  akan terus melakukan perbaikan  dalam penghijauan lahan supaya  bencana banjir  bandang dapat dicegah.” Banjir bandang  kita jadikan   koreksi  pasti ada sesuatu  yang tidak  betul, rusak  yang perlu kita perbaiki  dan perlu  kita tanami,”ungkapnya.

Presiden  mengapresiasi konsep penanaman  hutan  serbaguna yang telahdilakukan .Penanaman bukan  hanya pohon  kayu, namun juga  pohon  sumber pangan, obat-obatan,  dan buah-buahan.  “ Secara  konsep saya kitra bagus sekali  kalau serius  menangani  ini bukan sesuatu yang sulit “ ucapnya.

Hadir  dalam peringatan tersebut,  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan  Muhadjir Effendi.

Menteri  Pekerjaan  Umum dan Perumahan  Rakyat Basuki Hadimuljono,  Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki,Kepala  BNPB Willem  Rampangilei dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X . Djoek/Isan

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi