Kembali Ke Index Video


Keuntungan budidaya sekitar budidaya mina padi

Jumat, 4 Oktober 2019 | 11:28 WIB
Dibaca: 46
      Keuntungan budidaya sekitar budidaya mina padi
PANEN PADI DAN IKUTANNYA DOKUMEN FOTO PASTVNEWS

Bantul – media pastvnews.com, warta pertanian budidaya ikan dan padi yang menghasilkan menjadi dambaan petani. Bagaiaman dengan budaya sistem ini.

Apa keuntungan dan kelemahan budidaya sistem ini. Maka update kali ini menginformasi tentang hasil budidaya mina padi.

Menurut Ketua Kelompok Tani Dwimanunggal, Nglebeng Tamanan Banguntapan Bantul DIY, bahwa budidaya dengan sistem mina padi di Nglebeng cukup menguntungkan.

Satu hektare lahan sawah bisa menghasilkan ikan nila (munjahir) 8 kuintal dengan harga Rp 25.000 per kg. Hasil padi kering panen 11 ton", demikian kata Ketua Kelompok Tani Dwi Manunggal Nglebeng Tamanan Bantul, Subandi, saat penen padi dan ikan minapadi  di tempat ini, Jumat (4/10).

Menurutnya,sistem ini kelebihannya hama hilang karena dimakan ikan. Tanaman padi yang gabuk (tidak berbuah) berkurang. Namun, kendalanya adalah air lahannya harus terpenuhi. Selain itu hama berupa regul (hewan pemakan ikan) menjadi kendala meski bisa diatasi.

Menurut PLT Kapala Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan Kelaitan Bantul, Bambang Pin, dalam sambutannnya, membenarkan itu semua. Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Bantul Drs H Suharsono beserta istri Erna.’ Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi