Kembali Ke Index Video


PLS Di SMA Muhiba Diarahkan Membentuk Karakter Dan Kewirausahaan

Selasa, 16 Juli 2019 | 22:08 WIB
Dibaca: 195
PLS Di  SMA Muhiba Diarahkan Membentuk Karakter Dan Kewirausahaan
LABORATOR PERIKANAN DENGAN BIOFLAK JADI AJANG PENGETAHUAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Bantul - Pastvnews.com -Lintas Pendidikan - Pengenalan Lingkungan Sekolah  (PLS) di SMA Muhamadiyah  Bantul (Muhiba) diarahkan untuk membentuk karakter para siswa siswi barunya tentang keagamaan, berbangsa bernegara, budaya (etika dan sopan santun) serta kewirausahaan.

Untuk mewujudkan itu, maka pihak sekolah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yaitu para ahlinya di bidang bidangnya", ungkap Kepala Sekolah Muhibah Drs. H.M Asrowi didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Drs Supriyanto M.Pd, di sela berlangsungnya MPS, di sekolah ini, Selasa (16/7).

Menurutnya,  misalnya untuk bidang keagamaan (keIslaman) menghadirkan para pembicara dari Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Bantul.

Untuk bidang berbangsa dan bernegara bekerja sama dengan Kesbangpolimas dan untuk tanggap terhadap kebencanaan berkerja sama dengan BPBD Bantul.

Sedangkan khusus mengenai kewirausahaan, sekolah menyediakan semacam laborat untuk keterampilan perikanan, green house dan biologi. Laboratnya adalah berupa "Bio Flok" untuk ternak ikan.

Targetnya bahwa para siswa dan siswi pahan benar dan aktif berjamaah sholat lima waktu, bagus membaca Alquran, berwawasan dalam berbangsa dan bernegara, kesopan santun serta punya keterampilan biologi dan berbudidaya ikan. Khusus untuk perikanan dengan Bio Flok, ada pendampingnya tersendiri kepada para siswa .

Sementara itu, Pembimbing Asrama Muhammadiyah Boarding School (MBS) Muhiba,  M Musa, menjelaskan, Bio Flok ini sendiri adalah bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tabun 2018. Jumlahnya ada 12 kolam yang kesemuanya  berfungsi secara baik.

Nantinya rencananya  setiap kolamnya akan diperuntukan kepada satu kelompok siswa atau per kelas", jelas Musa.

Sementara itu, sejumlah siswa ketika dimintai tanggapannya tentang PLS ini, mengaku tertarik dengan apa yang disampaikan oleh para pemateri. Mereka dalam penyampaiannya menarik dan mudah diterima. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi