Kembali Ke Index Video


MPLS SMKN 1 Pundong Galakan Permainan Tradisionil

Rabu, 17 Juli 2019 | 14:57 WIB
Dibaca: 181
MPLS SMKN 1 Pundong Galakan Permainan Tradisionil
SISWA DI KENALKAN PRODUK BUDAYA LOKALDAN PERMAINAN TRADISIONAL

Pundong -Media online Pastvnews.com - Lintas Pendidikan - SMK Negeri I Pundong Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menggalakan bermain "dolanan" atau permainan tradisional Jawa kepada para siswa dan siswi barunya pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk tahun ajaran baru 2019/2020, Rabu (17/7).

Para peserta didik baru yang jumlahnya ada 228 orang ini, selama sehari diantaranya bermain jlong jling, bas basan, ulobanyu, dingklik oglak aglik, bondon, lompatan dan menari jathilan di lapangan sekolah," jelas Kepala SMK Negeri I Pundong, Sutapa S.Pd kepada awak media, Rabu (17/7).

Menurut dia, tujuan daripada diadakannya kegiatsn ini diantaranya adalah untuk memupuk rasa cinta kepada budaya dan tradisi daerah, rasa patriotisme, kebersamaan dan toeransi serta melestarikan budaya sekaligus sebagai sarana hiburan.

Pada jaman now banyak generasi muda bahkan orang tua yang dihinggapi egoisme. Mereka menjadi tidak peduli kepada samanya. Bahkan sikap mereka terkadang kurang sopan santun dan egois serta individu . Misalnya kurang pernah berbicara dengan orang lain namun hanya sibuk bermain hand phon (HP).

Mempunyai dan bermain hand phon diperbolehkan, namun harus tidak di setiap tempat dan waktu selalu dilakukan. Melainkan ada waku dan tempatnya tersendiri.

Semenrara itu para siswa dan siswa pada umumnya menyambut positif dan merasakan keasyikan, dan kepuasan tersenduri ketika bermain dolanan.

Selain mengingatkan masa kecil bagi kami di saat bermain, juga membuat keakraban diantara kami para siswa", kata Indah dan sejumlah murid.

Dalam  bermain permainan tradisional jawa kali ini  semua siswa mengenakan pakaian tradisinal jawa. Itu menjadikan di SMK Negeri I Pundong nampak dan terasa bernuansa Jawa. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi