Kembali Ke Index Video


Modal Iuran Rp. 1000 Karang Taruna Yang INI Bisa Mewujudkan Program

Kamis, 5 Desember 2019 | 08:21 WIB
Dibaca: 105
Modal Iuran Rp. 1000 Karang Taruna Yang INI Bisa Mewujudkan Program
PERTEMUAN RUTIN KARANG TARUNA BULUREJO MANUNGGAL

Saptosari – pastvnews.com warta pendidikan, terkadang kita sering mendengar kabar sebuah program dan proyek menggunakan dana besar tidak selesai atau mendapat sorotan.

Nah kabar yang satu ini cukup menarik untuk disimak karena Karangruna yang ini dalam operasionalnya hanya dengan mengandalkan modal iuran 1000 s/d 2000 saja mampu membiayai semua programnya, apalagi jika disuport secara baik  oleh para pengambil kebijakan tentu hasilnya akan maksimal.

Warta untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan desa Bulurejo Monggol kecamatan Saptosari Gunungkidul maka seluruh pemuda dan pemudi yang tergabung dalam organisasi “BULUREJO MANUNGGAL Rabu 4 Desember 2019 "mengadakan pertemuan rutin setiap satu bulan sekali dengan mengevaluasi hasil kerja organiasi.

Pertemuan rutin tersebut agenda utama untuk mencari jalan keluar terkait biaya operasional kegiatan Karang Taruna, disepakati agar bisa berjalan maka ada proses penggalangan dana untuk mewujudkan sebuah program program yang akan dilaksanakan.

Proses penggalangan dana yang dilakukan tersebut memang tidak mematok nominal rupiah karena rata rata anggota karangtaruna belum memiliki penghasilan tetap sehingga saat iuaran hasilnya hanya sedikit karena iurannya hanya seikhlasnya

Sementara itu dari catatan pengurus uang yang sudah terkumpul hasil penggalangan dana oleh pemuda dan pemudi tersebut digunakan untuk kepentingan pemuda di Desa Bulurejo itu sendiri.

Karangtaruna dalam setiap operasionalnya sering tak memiliki keuangan yang cukup oleh sebab itu maka inisiatif pemuda dan pemudi yang menyoroti program penerangan jalan kampung juga pembiayaan operasional lapangan bola voly,

Maka Ide cepat adalah iuaran yang paling tepat untuk sementara waktu dalam mewujudkan program santunan kepada fakir miskin dan anak yatim, pagar jalan, pembenahan jalan dan lain-lain.

Untuk saat ini program karang taruna tersebut belumlah berjalan dengan sepenuhnya, dikarenakan uang yang terkumpul dari penggalangan dana tersebut tidak mencukupi untuk menyelesaaikan program yang lainnya.

Program Karang Taruna Manunggal yang sudah berjalan barulah pada proses penerangan jalan, operasional lapangan bola voly,santunan kepada fakir miskin dan anak yatim itupun belum merata untuk penerangan jalannya.

Akan tetapi, hal tersebut tidaklah melunturkan semangat para pemuda dan pemudi Bulurejo malahan hal tersebut yang dijadikan penyemangat oleh pemuda dan pemudi untuk terus mengadakan proses penggalangan dana.

Karena pemuda Bulurejo punya pemikiran “Dengan uang seribu, dua ribu itulah yang dapat menjadikan Bulurejo selangkah menuju desa yang maju”

Program pemuda tersebut mendapat dukungan baik dari warga masyarakat yang lain bahkan perangkat desa Bulurejo itu sendiri.

‘Sartilah’ salah satu warga masyarakat yang saya temui di kediamannya pasca rapat karangtaruna mengatakan:” Alhamdulillah karena pemuda dan pemudi punya inisiatif memprogramkan hal tersebut tersebut maka perlu di teruskan dan wujugkan dengan baik

Lebih lanjut, ditambahkan, Saya selaku masyarakat mengapresiasi program yang dilakukan karang taruna, dalm hal ini untuk memajukan desa kita tercinta ini, pokoknya program positif saya selalu mendukung dan mendoakan semoga programnya berjalan dengn baik dan lancar ”.ujar Sartilah 

Editor tim redaksi media, Naskah mentah atau asli  oleh ‘Riski Fajar Adi Saputra anggota karang taruna dan salah satu peserta diklat Jurnalistik hari Sabtu 1 Desember 2019 di balai desa Kepek Saptosari Gunungkidul.

Muatan ini sebagai karya ilmiah serta untuk pembelajaran yang mengaktulisasikan hasil diklat.  “Semoga bermanfaat.’




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi