Kembali Ke Index Video


Lulusan Akademi Komunitas Seni Budaya di Wisuda Sultan

Senin, 28 Oktober 2019 | 17:32 WIB
Dibaca: 106
Lulusan Akademi Komunitas Seni Budaya di Wisuda  Sultan
WISUDA LULUSAN DOK FOTO PASTVNEWS

Bantul - Pastvnews.com - Lintas Seni dan Budaya - Gubernur DIY Sri Sultan HB X melepas (mewisuda) 79 para lulusan D1 tahun 2019 Akademi Komunitas Seni Dan Budaya Yogyakarta, berlangsung di Pendapa (Balai Widya Budaya) akedemi ini Jalan Yogya-Parangtritis Sewon Kabupaten Bantul propinsi ini, Senin (28/10).

Awak media Pastvnews, melaporkan, jumlah wisudawan pada kali ini (tahun ke-6) ada sebanyak 79 orang terdiri dari prodi tari 30, kerawitan 30 dan kriya 17 orang.

Pada kesempatan ini Sri Sultan HB X memakaikan jaket akedemi (almamater) kepada sejumlah perwakilan wisudawan-wisudawati. Selain itu juga memberikan surat kopetensi  atu prodi (ijazah) kepada seluruh yang diwisuda.

Sri Sultan, dalam sambutannya, mengungkapkan, para lulusan diharapkan mampu  mempraktekkan dan mengembangkan ilmu  yang telah diperolehnya di akademi untuk diaplikasikan di tengah masyarakat.

Ini penting karena  banyak orang yang meskipun nilai akademisnya bagus sekalipunnya, tetapi tidak bisa mengaplikasikan di tengah masyarakat, mereka tidak mengembangkan karirnya", kata Sultan.

Sementara itu, Pelaksana Komunitas Akademi Komunitas Seni dan Budaya Yogyakarta, Prof. Dr. Y. Sumandiyohadi S.S.T.SU, mengatakan, akademi ini, dalam usianya yang ke enam tahun saat ini, masih binaan Instiut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Dinas Pora DIY.

Anggarannya selama ini mempergunakan APBD DIY (Danais) dan APBN, namun mulai tahun 2020 sudah tiada lagi dari APBN", kata Y .Sumandiyo.

Ia menambahkan, selama ini banyak para mahasiswa atau lulusan akademi ini praktek kerja lapangan (pkl)  di DIY, menjadi utusan Pekan Kesenian Nasional, melanjutkan studi di ISI Yogyakarta dan banyak yang berkarya dibidangnya, misal membuat "anggok ngibing" yang ada di yotube", katanya.

Pada wisuda yang berlangsung lancar kali ini juga dipentaskan sejumlah kesenian diantaranya "tari golek ayun ayun" dan Singo Mulangjoyo - Sencaki, Setyaki dimainkan oleh para mahasiwa ataupun lulusan  akademi ini. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi