Kembali Ke Index Video


KEPRIHATINAN SI MISKIN KETIKA SEKOLAH SWASTA DI GUNUNGKIDUL

Kamis, 27 Agustus 2015 | 22:27 WIB
Dibaca: 2369
KEPRIHATINAN SI MISKIN KETIKA SEKOLAH SWASTA DI GUNUNGKIDUL
dok foto smk teruna jaya

Gunungkidul-Pastvnews.com Warta pendidikan Kabupaten Gunungkidul yang wilayahnya cukup luas  terkenal dengan kota gaplek  dan identik dengan daerah minus, tandus dan gersang memang tidak bisa kita pungkiri .

Menurut catatan hasil susenas BPS tahun 2013-1014  untuk Gunungkidul angka penurunan kemiskinan hanya 1% dan kesenjangan si kaya dan si miskin terbilang cukup tinggi.

Dengan kesenjangan inilah si miskin akan mengalami kesulitan dalam hal pendidikan sekolahnya karena keterbatasan biaya yang harus dikeluarkan, bahkan banyak yang anak putus sekolah karena tidak ada biaya.

Menurut survey dilapangan, adanya kesenjangan program bantuan pemerintah untuk sekolah antara sekolah negeri dan swasta, Jelas swasta cenderung dikesampingkan dibandingkan dengan sekolahan negeri.

 Sekolah swasta  khususnya diwilayah Gunungkidul banyak yang memprihatinkan baik dari segi siswa atau sekolahannya, karena hidup dan matinya sekilahan swasta ada di kekuatan sumber dana berasal dari sekolahan itu sendiri.

Dan ironisnya lagi siswa-siswa yang masuk di sekolah swasta rata-rata dari keluarga yang tidak mampu, bahkan masih hidup dibawah garis kemiskinan.

Sehingga banyak sekolahan tutup dan mangkrak karena disebabkan oleh multi faktor, bukan hanya karena tidak dapat murid.  Kedepan  kesenjangan  seperti Ini perlu pengkajian secara mendalam oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul khususnya oleh dinas-dinas terkait agar dunia pendidikan bisa lebih menjangkau semua komponen “WJN




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi