Kembali Ke Index Video


Diklat Jurnalistik Memperbanyak Literasi Dan Mendongkrak Imanjinasi

Minggu, 1 Desember 2019 | 22:27 WIB
Dibaca: 208
Diklat Jurnalistik Memperbanyak Literasi Dan Mendongkrak  Imanjinasi
PANITIA DIKLAT JURNALISTIK DAN PESERTA DIKLAT SE KECAMATAN PATUK DAN SEJUMLAH MAHASISWA

Gunungkidul  Warta Pendidikan, PSKPPM  Fakultas ISIPOL Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berkerja sama dengan Pusat Studi Gunung Kidul menyelenggarakan acara diklat jurnalistik bagi para pegiat pengembangan desa khususnya di bidang pariwisata di daerah gunung kidul dan mahasiswa UP 45 Yogyakarta.

Acara diklat dimulai dengan sambutan dari Dosen Fakultas ISIPOL UP 45, Nurhadi,MPA sekaligus sebagai pemateri diklat bahkan dirinya  mengatakan bahwa peran komunikasi di era modern saat ini sangatlah penting.

Setiap profesi membutuhkan komunikasi tidak ada pengecualian apapun bahwa peran komunikasi tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Acara diklat juga dihadiri oleh ketua Pusat  Studi Gunungkidul  Budi Oetomo Prasatyo, sekaligus calon bupati Gunungkidul 2020, Dalam sambutannya  menjelaskan, pada intinya segala potensi wisata Gunungkidul  dapat dimanfaatkan untuk  perkembangan kabupaten Gunungkidul  serta peningkatan kesejahteraan dan ini di harapkan dapat dirasakan oleh masyarakat Gunungkidul secara luas.

Budi mengungkapkan tujuan diadakannya diklat jurnalistik bagi  para pegiat pengembangan desa khususnya dibidang pariwisata di daerah Gunung kidul.

Sementara itu para peserta yang di dalamnya juga ada puluhan mahasiswa yang mengikuti diklat tentu dapat mengetahui tentang jurnalistik, selain untuk meningkatan kemampuan pasca diklat para peserta  dapat  mempergunakan atau disalurkan kepada masyarakat luas agar memiliki dampak luas dan menciptakan efisiensi dalam dunia kerja.

Budi Oetomo menambahkan, para peserta diharapkan juga dapat mengembangkan potensi wisata,khususnya di Gunungkidul hingga terciptanya semangat dan cita-cita Gunungkidul sebagai ‘’Mercusuar Dunia’’.’’Gunung Kidul sebagai Mercusuar  Dunia bukan hanya lagi sekedar mimpi.

Oleh karena itu maka niat baik ini harus kita wujudkan melalui pengembagan di sektor pariwisata di daerah-daerah khususnya di 4 titik sebagai gerbang  pintu Gunungkidul harapanya  agar dapat menarik minat wisatawan baik lokal maupun internasional, dan bukan hanya sebagai tempat pergi dan pulang seperti biasanya,’’katanya.

Diklat Jurnalistik  yang sangat menarik, apalagi pemateri juga langsung dari Bp. Rofied pelaku media atau  yang keseharianya  berprofesi  sebagai wartawan di media online pastvnews, Jelas diklat  menarik  banget karena pemateri juga merupakan pimpinan redaksi dan editornya yang banyak menularkan penglamannya.

Dalam sesi kedua  diklat Nurhadi, juga menerangkan dalam pembelajaran ilmu komunikasi dapat dipelajari bahwa komunkasi itu mempunyai 5 unsur yaitu komunikator,komunikan,pesan,media dan dampak.

Kelima unsur tersebut mempunyai keterikatan yang saling melengkapi, kemudian jika hilang satu saja maka tidak ada komunikasi yang bisa  terjalin antar dengan semua pihak.’’Komunikator dapat menerangkan sebuah pesan atau konsep melalui media yang dapat mendukung supaya pesan tersebut dapat diterima oleh komunikan dan dapat berdampak secara positif,maka dari itu peran komunikasi sangat penting diberbagai bidang saat di era modern  seperti sekarang  ini,’’tandasnya.

Diiklat Jurnalistik dengan pembicara utama yaitu Rofied, menerangkan dalam materinya, bahwa  dapat ditarik  kesimpulan bahwa dalam jurnalistik tersebut  sebagai seorang  jurnalis harus  profesional dan berimbang  dalam membuat pemberitaan .

Tak hanya itu jurnalis juga memiliki bekal dan harus memperhatikan soal standar jurnalistik resmi Pers,dan UU Pers,bahkan juga menerangkan tentang UU ITE serta menerangkan berbagai persoalan terkait digital marketing.

Sebagai seorang jurnalis yang profesional  dalam mengembangkan peliputannya  mampu mengunakan formula 5W+1H,dan ini adalah kunci pokok dalam dunia jurnalistik yang bertujuan untuk dapat mengembangkan sebuah ide cerita,’’begitu katanya.

Di sesi akhir diklat pada hari minggu 1 Desember  2019 di Pusat Informasi Wisata Gunungkidul berjalan dengan baik dan meriah dan ini terlihat dari antusiasme dari para peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi di sesi tanya jawab sebagai sesi terahkir di acara diklat tersebut.

Saya siap membantu anda semua bahkan jika di undang  juga oke, karena  salah satu tugas seorang media itu mencerdaskan, dan bertujuan agar anda dalam menulis di medsos bisa lebih baik dan terdidik, ‘pungkas pak wartawan tersebut.  

Berita ini dibuat pada hari Minggu, 01 Desember  2019 sebagai tugas jurnalistik mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi dengan dosen Bapak Nurhadi,MPA

Penulis  Nama:Andreas damar dana ekananda R.H.N, Mahasiswa UP 45 Yogyakarta Fakultas ISIPOL dengan Prodi administrasi publik, NIM:19210410001




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi