Kembali Ke Index Video


Ada Wabah Virus Corona Siswa SD Sokasari Di Bekali Penangkal ‘Buat Minuman Berbahan Herbal

Jumat, 20 Maret 2020 | 22:24 WIB
Dibaca: 207
Ada Wabah Virus Corona Siswa SD Sokasari Di Bekali Penangkal ‘Buat Minuman Berbahan Herbal
BERAMA SISW SISWINYA M. SHOLINURUDIN BIKIN PRODUK NAND SANITIZER DARI BAHAN HERBAL

Patuk- media PASTVNEWS.COM, terkait kasus penyebaran virus corona yang cepat dan meluas, tentu menjadikan semua pihak harus waspada namun tetap harus tenang dan tidak boleh panik.

M. Solinurudin Guru SD Sokasari Ngoro-oro Patuk Gunungkidul  saat konfrensi pers Jumat 20 Maret 2020, di Kampus SD tersebut, mengatakan, sesuai anjuran pemerintah, semua warga harus meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan ini adalah cara paling  efektif dalam tindakan preventif terhadap pencegahan virus corona.

Di tambahkan secara detail, bahwa kondisi  seperti ini mak telah menggugah kepedulian dan membangkitkan semangat para guru di SD Sokasari untuk turut andil memberikan bekal kepada anak didiknya agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam menghadapi kondisi saat ini.

Kepedulian ini kami lakukan dengan berbagai kegiatan kemudian dilakukan gerakan cuci tangan dengan cara yang benar setiap pagi sebelum masuk kelas sehinga akan menjadi kebiasaan seterusnya.

Selain itu Juga ada praktik membuat aneka resep ramuan minuman yang berasal dari bahan empon-empon yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehinga akan selalu sehat badannya. Kata dalam rilisnya tersebut.

Sementara itu dalam olah kegiatan juga di jelaskan dalam membuat  racikan ada dua resep yang diajarkan yaitu resep JOS (Jahe Oplos Sereh) dan resepnya bapak presiden yang dikenal dengan Jamu Jokowi  dengan bahan diantaranya temulawak, jahe, kunyit,  yang semua bahan tersebut mudah di dapat di pekarangan para siswa.

Di tegaskan, menurut M.Sholinurudin selaku guru yang mempelopori kegiatan tersebut menuturkan kepada awak media PASTVNEWS.COM, (Jumat 20/3), “ memang kegiatan ini sebagai edukasi dan dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran para siswa dalam belajar mengenal minuman tradisional yang telah diturunkan nenek moyang kita yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, jika tubuh kita sehat tentunya tidak mudah terserang penyakit, bahkan, termasuk virus corona tidak akan mempan !,”.

Selain itu juga diajarkan membuat hand sanitizer berbahan alami, diantaranya daun sirih, kemangi, lidah buaya serta bunga kamboja. Keempat bahan tersebut diyakini mengandung anti bacterial yang efektif,”

berdasar literasi yang saya pelajari keempat bahan tersebut sudah ada penelitiannya mengandung zat-zat anti bacterial yang bagus, kita tinggal mengembangkan pemanfaatanya, karena saat ini sedang marak penggunaan hand sanitizer, maka kami juga akan  mencoba praktik membuat dengan bahan bahan tersebut yang dijamin aman karena tanpa bahan kimia.

biarlah anak belajar meramu sendiri, agar ada tantangan untuk menemukan komposisi yang pas sehinga hasilnya akan nyaman dan lembut di tangan” kata  Sholinurudin, disela-sela mendampingi anak yang sedang praktik.

Selain menyiapkan bahan, anak juga membawa peralatan seperti blender, mangkuk dan botol bekas parfum/spray. Levina salah satu siswa kelas 4 yang sedang asyik praktik  saat awak media ini menanyakan singkat, Ia mengungkapkan, dirinya bersama kawan kawan mengaku senang sekali bisa praktik membuat hand sanitizer sendiri.

Saya membayangkan seperti ilmuwan atau dokter yang sedang meneliti, he...hee..!, kemanusian ” katanya yang terlihat polos dengan riang mengikuti live skill tersebut.

Di akhir perbincangan melalui Jumpa Pers M. Sholinurudin, kegiatan yang lain juga masih ada dan rencana akan diajarkan pembuatan masker secara praktis dan ekonomis dan olahan daun kelor menjadi cendol-dawet yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

Diharapkan dari rangkain kegiatan tersebut akan menjadi jurus ampuh dalam menghadapi merebaknya virus korona, dengan demikian anak didik dan orangtua tetap harus tenang dengan badan yang sehat. Salam Sehat ‘Pungkasnya. (Ed/ym/nur/sug




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi