Kembali Ke Index Video


Wow Menakjubkan 5 Tahun Pemirsa Media Online Naik 500 % ’Tapi Media Cetak Merosot

Minggu, 31 Maret 2019 | 10:07 WIB
Dibaca: 925
Wow Menakjubkan 5 Tahun  Pemirsa Media Online Naik 500 % ’Tapi Media Cetak Merosot
SIMPOSIUM TENTANG PROSPEK MEDIA ONLINE YANG NGETOP

Yogyakarta pastvnews media massa tetap menjadi kepercayaan dalam menggali dan menyampakan informasi karena para kru dan medianya di berkali berbagai pengetahuan yang cukup sehingga dalam mengeluarkan kabar terkait aneka warta di pastikan tidak ada hoax.

Kini media mengalami revolusi yang amat mendalam dan besar sehingga hadirnya media elektronik online bisa Sangat menakjubkan, dalam kurun waktu lima tahun, antara tahun 2011 - 2016, jumlah pembaca media cyber atau online naik hingga 500 persen.

Sedangkan pembaca media cetak menurun sebanyak 30 persen, dan jumlah pendengar radio menurun sebanyak 10 persen" kata. Pemimpin Redaksi Senayan Post, Imam Anshori Saleh dalam diskusi Kebangsaan yang digelar Paguyuban Wartawan Sepuh (PWS) Yogyakarta, dengan tema Tantangan Media Massa di Era Industri 4.0, di salah satu cafe di sekitar Bintaran.

Dengan mengutip pernyataan Nielsen Indonesia, pria kelahiran Jombang ini menambahkan seiring meningkatnya pembaca media digital, pembeli koran terus merosot.

Berdasarkan data  survey 2017, jumlah pembaca media online sebanyak 6 juta orang. Lebih banyak dibandingkan pembaca media cetak sebanyak 4;5 juta.

Dan media cetak menjadi pilihan kelima untuk mendapatkan informasi, dengan penetrasi sebesar 8 persen" terangnya.

Imam Anshori menambahkan selain jumlah yang berkurang, dari sisi pengeluaran iklan di media cetak juga berkurang sebanyak 13 persen.

Dan penurunan bukan dari sisi iklan saja, akan tetapi  produsen media cetak pun juga berkurang sebanyak 23 persen.

"Untuk bertahan pengusaha media mainstream memang harus menyesuaikan bisnis media online.

Caranya adalah dengan membuat media mainstream ini lebih interatif, lebih instan, lebih mudah diproses dan lebih bervariasi" pungkasnya. (njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi