Kembali Ke Index Video


TMMD Kodim 0730 Gunungkidul Tinggalkan Jejak Buat Jalan 800 Meter di Candirejo Semin

Kamis, 4 Mei 2017 | 16:41 WIB
Dibaca: 1277
TMMD Kodim 0730  Gunungkidul Tinggalkan Jejak Buat Jalan 800 Meter di Candirejo Semin
AMD KERJA KERAS PARTISIPASI MEMBANGAUN DESA DI SEMIN GUNUNGKIDUL 2017

Semin-media Pastvnews.com – ABRI Masuk Desa (AMD) zaman orba dahulu saat Presidennya Soeharto diterjunkan ke masyarakat untuk menyatu atau manuggal dengan masyarakat di pelosok-pelosok daerah guna  ikut membangun desa.

Pasca reformasi berubah nama menjadi Tentara Manunggal Mbangun Desa (TMMD) yang tujuannya hampir sama dengan AMD yakni ikut membangun desa.

Seperti halnya jajaran TNI dari Kodim 0730 Gunungkidul telah berhasil menyelesaikan program (TMMD) yang dilakukan di Padukuhan Bangunsari, Desa Candirejo, Kecamatan Semin.

Kegiatan di laksanakan mulai 5 April – 4 Mei 2017 dan berhasil membangun jalan rabat beton sepanjang 800 meter dengan lebar 70 cm, berem-berem jalan, rehab satu Masjid , dan pembuatan pos kampling.

Akhirnya program tersebut pada hari Kamis, 05/04/2017 dilakukan upacara penutupan yang  dihadiri Dandim 0730/GK Letkol Inf Taufik hanif, Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhamad Arif Sugiharto, Setda Gunungkidul  Drajat Ruswandoyo, Kepala DP3 AKB PMD Drs. Sujoko, dan jajaran Muspika Kecamatan Semin beserta tamu undangan lainnya.

TMMD Sengkuyung ini sudah di laksanakan selama satu bulan dan akhirnya kami mampu membuat akses jalan desa sepanjang 800 meter, berem-berem jalan, dan fasilitas umum lainnya berupa rehab Masjid, serta pembuatan pos kampling,” jelas Dandim 0730 Gunungkidul, Letkol Inf Taufik hanif kepada sejumlah awak media Kamis, 4/5/2017.

Selain pembangunan fisik, lanjutnya,  dalam pelaksanaan juga menyasar pembangunan non fisik seperti peningakatan kesadaran bela Negara (PKBN), sosialisasi bahaya narkoba, pelatihan membuat pakan ternak dan perkebunan, pemberantasan DBD, kamtibmas dan penangulangan.

wawasan kebangsaan, partisipasi masyarakat dalam pembangunan, penerapan jam belajar masyarakat, serta ketrampilan khusus bagi perempuan.

“Selain membantu masyarakat secara fisik dalam pelaksanaan selama TMMD berlangsung kami juga membantu secara non fisik. Kami berharap dengan demikian apa yang sudah kami sampaikan ke masyarakat akan terus dilanjutkan sehingga nantinya menjadi desa yang mandiri,” imbuh Hanif.

Ditempat yang sama, Sekda Gunungkidul, Drajat Ruswandoyo memberikan mengapresiasi atas suksesnya pelaksanaan program selama satu bulan penuh.

Ia mengatakan  atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul  mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya berkat kerjasamanya dalam proses pembangunan di Gunungkidul.

“Kami berharap kerjasama ini akan terus ditingkatkan dalam rangka turut andil memajukan pembangunan di  Gunungkidul,” pungkasnya.

Masyarakat berharap supaya program TMMD sengkuyung ini tetap dilanjutkan dalam membantu kesulitan masyarakat bawah khususnya di desa-desa. Seperti belum lama ini sudah melakukan pelebaran akses jalan yang berada di Padukuhan Sinom, Desa Kedongpoh, Kecamatan Nglipar. W. Joko Narendro.

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi