Kembali Ke Index Video


Tanggap Bencana Bantuan Logistik Mengalir Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Kamis, 27 Desember 2018 | 07:34 WIB
Dibaca: 823
Tanggap Bencana Bantuan Logistik Mengalir Untuk Korban Tsunami  Selat Sunda
BANTUAN REAKCI CEPAT KIRIM LOGISTIK KE LOKASI TERDAMPAK

Yogyakarta-media pastvnews.com, warta lintas sosial upaya penanganan tanggap darurat untuk korban tsunami Selat Sunda terus dikerahkan, seiring dengan tingginya kepedulian publik Indonesia terhadap saudara sebangsa yang terdampak.

Aksi Cepat Tanggap turut berikhtiar penuh memenuhi kebutuhan pengungsi di masa tanggap darurat ini.

Salah satunya adalah pengiriman puluhan truk berisi bantuan pangan dan logistik untuk korban terdampak tsunami di Pandeglang dan Lampung Selatan.

Rabu (26/12), sebanyak 20 truk bantuan tersebut diberangkatkan dari gudang Humanity Distribution Center (HDC) di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Manajer Umum Komunikasi Lukman Aziz mengatakan, bantuan pangan dan logistik dikirimkan menuju dua kabupaten yang terkena dampak tsunami terparah, yakni Pandeglang dan Lampung Selatan.

“Masing-masing 10 truk bantuan kami berangkatkan ke Pandeglang dan Lampung Selatan. Kebutuhan pangan ini mendesak, jadi kami upayakan pengiriman pangan dan logistik sesegera mungkin, dibarengi dengan evakuasi, layanan medis, dan aktivitas dapur umum yang terus berlangsung sampai sekarang,” terang Lukman, Rabu (26/12).

Pengiriman pangan dan logistik ini akan terus berlanjut dari berbagai daerah di Indonesia, utamanya Jawa dan Sumatera. Selain mengirimkan pangan dan logistik, sejumlah program pemulihan juga segera diinisiasi.

Lukman menambahkan, bantuan pemulihan tersebut fokus pada penyediaan pangan, papan dan pembangunan ekonomi.

Sementara untuk pemulihan ekonomi, kami menggulirkan program pemberian 100 kapal nelayan untuk warga terdampak yang berprofesi sebagai nelayan. Tidak hanya itu, bekerja sama dengan Global Wakaf, kami juga berikhtiar untuk mendirikan Warung Wakaf di sejumlah titik terdampak,” jelas Lukman.

Hingga Rabu (26/12), terpantau proses evakuasi, layanan medis, dan pendistribusian bantuan pangan di lokasi terdampak tsunami terus dikerahkan. Untuk mempercepat penanganan tanggap darurat, sehingga sejumlah posko kemanusiaan dan dapur umum di Pandeglang dan Lampung Selatan.

Di Pandeglang, kami mendirikan empat posko tersebut di antaranya Posko Induk dan Dapur Umum di Kecamatan Labuan, Posko Wilayah Sumur, Posko Wilayah Panimbang dan Tanjung Lesung, dan Posko Wilayah Anyer.

Di Lampung Selatan, posko kemanusiaan dan dapur umum telah aktif di tiga wilayah, di antaranya Way Muli, Way Panas, dan Dermaga Bom.

Semantara itu, ACT cabang D.I Yogyakarta rencananya akan mengirim bantuan kemanusiaan sebanyak 5 truk pada hari senin mendatang (31/12/2018).

Bantuan kemanusiaan dari masyarakat Jogja tersebut selanjutnya akan diberangkatkan menuju Banten untuk membantu para korban terdampak tsunami Selat Sunda. Dinact/tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi