Kembali Ke Index Video


REGENERASI KEKUATAN UNTUK BESARKAN ANSOR DAN BANSER

Minggu, 16 Februari 2020 | 19:44 WIB
Dibaca: 122
REGENERASI KEKUATAN UNTUK BESARKAN ANSOR DAN BANSER
aksi banser

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Sosial Keagaman -  Kekuatan dan potensi untuk membesarkan organisasi kemasyarakatan  (ormas) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser di masa  mendatang bukanlah terletak pada para pengurusnya, melainkan pada regenerasi yang dilakukannya

 Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor, Ulil Arkham, dalam amanatnya pada saat menjadi inspektur upacara Apel kebangsaan 1000 Ansor  Banser Satkorcab Bantul, di Selarong  Minggu (16/2).

Menurutnya, jika regenerasi kuat maka Ansor Banser dan NU akan menjadi semakin besar. Akan tetapi sebaliknya apabila regenerasinya lemah, maka membesarkan ormas ini juga tersendat.

Perjuangan Ansor dan Banser adalah semesta dan tidak terbatas.  Membela negara juga merupakan salah satu perjuangan yang harus dilakukannya. Membetengi Islam dan para Ulama (Kiai) adalah menjadi kewajiban Ansor Banser", ungkap Ulil.

 Ia menyatakan, Ansor dan  Banser harus mampu melanjutkan dan menirukan perjuangan para ulama dan pahlawan dalam mengusir para penjajah. Namun perjuangan setelah merdeka adalah mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif untuk melanakan amanat para ulama.

Apel  ini lokasinya adalah di sekirar Goa Selarung yang dikenal sebagai tempaf persembunyian Pangeran Diponegaro saat melawan penjajah (Belanda). Maka apl  ini bermakna bahwa Ansor Banser bisa meniru perjuangan Pangeran Diponegoro.

Apel kali ini mengambil tema  "Hubbul Wathon Minal Iman" (membela tanah air bagian dari iman). Pada kesempatan ini juga dilakukan pelepasan tanda peserta Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) Banser yang felah dilaksabakan  sekitar seminggu terabir. Usai apel juga diadakan atraksi oleh sejumlah Banser. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi