Kembali Ke Index Video


Pambudi Dekat Dengan Rakyat Gemar Pentaskan Kesenian Ketoprak Mataram

Jumat, 21 Juni 2019 | 22:09 WIB
Dibaca: 247
Pambudi Dekat Dengan Rakyat Gemar Pentaskan Kesenian Ketoprak Mataram
PENTASKAN KESENIAN DAERAH KETOPRAK

Bantul - Pastvnews.com, lintas sosial menghibur masyrakat dengan menggelar ragam kegiatan akan menambah warga guyub sehingga akan selaras dengan perkembangan pelestarian kebudayaan.

Drs Pambudi Mulya slah satu anggota DPRD Bantul menggelar serta mementaskan kesenian tradisional ketoprak mataram, hadroh dan ceramah Agama  Islam. Kegiatan ini berlangsung di rumah Pambudi Mulyo Glondong Donotirto Kretek Bantul.

Kegiatan semacam ini selain sebagai hiburan dan ada gelaran pengajian, bahkan juga menjadi forum untuk mengajak masyarakat agar siap menghadapi bahwa wajah DIY nantinya adalah Bantul Selatan", kata Pambudi Mulya, di sela kegiatan ini, Kamis (20/6) malam.

Menurutnya, berkaitan dengan itu Gubernur DI Yogyakarta mengisyaratkan bahwa wilayah selatan Bantul agar jadi wajah D.I Yogyakarta. Oleh karena masyarakatnya harus siap. Ini perlu adanya ajakan . Maka  pada malam ini masyarakat Kretek dan sekitarnya saya ajak ke sana.

Sementara Penceramah asal Kulonprogo Nur Hadi Widodo, menguraikan arti tembang " ilir ilir" dan wayang serta ketoprak hubungannya dengan Keislaman dalam kehidupan.

Dunia pewayangan dan ketoprak juga ada hubungannya dengan Keislaman. Maka kita semua harus memetik maknan positifnya", demikian kata Nur Hadi Widodo.

Sementara itu, pentas ketoprak kali ini dibawakan oleh para pemaian gabungan dari Bantul. Lakon (ceritera) yang dipentaskan Wedono Ranggo Puspo.

Lakon ini pada intinya perjalanan seorang tokoh Wedono Ronggo Mustoko. Kegiatan ini ditonton dan diikuti oleh ratusan orang. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi