Kembali Ke Index Video


Mencintai NKRI Juga Harus Cintai Desa

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 19:30 WIB
Dibaca: 1327
Mencintai NKRI Juga Harus Cintai Desa
Dr. Ari Sujito pakar ilmu pemerintahan UGM Yogyakarta saat memberikan keterangan kepada awak media

Bantul – media Pastvnews.com mencintai Negara Kesatuan Republik    Indonesia (NKRI) harus disertai dengan cinta terhadap wilayah yang lebih kecil yaitu desa, kecamatan, kabupaten atau kota, dan propinsinya masing-masing.

 

Alasan ini cukup mendasar karena desa adalah sebagai ujung tombak dari pada kemajuan ataupun kemunnduran suatu bangsa dan negara dalam hal ini Negara RI", tegas Anggota MPR RI, Drs H Idham Samawi pada sosialisasi kebangsaan dengan aparatur pemerintah, Pancasila,  UUD 1945, NKRI dan bineka tunggal ika di sebuah hotel di Bantul Sabtu (20/10)" terangnya

Lebih lanjut menurutnya, dikaitkan dengan mawacita bahwa desa merupakan wilayah kecil yang strategis untuk memajukan bangsa dan negara.

Oleh karena itu membangun dan memajukan desanya sendiri berarti memajukan bangsa dan negara. Untuk mewujudkan itu, maka perlu ada berbagai kegiatan stretegis untuk mempertebal rasa cinta terhadap tanah air.

Hal seperti itu telah ditempuh dan dicontohkan oleh orang orang terdahulu diantaranya para raja Sriwijaya, Majapahit, dan Mataram. Pada dasarnya para raja memajukan bangsanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama dalam acara  dengan tema "peran strategis desa dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" ahli ilmu pemerintahan UGM Yogyakarta Dr Ari Sujito mengatakan desa merupakan wilayah strategis untuk mengembangkan potensi demi kemajuan bangsa.

Dengan adanya dana desa berarti memberikan kesempatan bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk memajukan wilayah desanya.

Nah yang perlu dilakukan dalam penggunaan dana desa maka perlu adanya pendampingan oleh pihak tertentu diantaranya perguruan tinggi, para ahli, atau warga setempat yang mempunyai kompetensi di bidang kepemerintahan. ‘pardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi