Kembali Ke Index Video


Makam Mas Tumenggung Pontjodirjo Bupati Pertama Gunungkidul Ramai di Ziarahi Cabup Gunungkidul

Senin, 31 Agustus 2015 | 12:11 WIB
Dibaca: 4365
Makam Mas Tumenggung Pontjodirjo Bupati Pertama Gunungkidul  Ramai di Ziarahi Cabup Gunungkidul
komplek makam mas tumengghung pontjodirjo

Ponjong-PASTVNEWS.com tanggal  28 Agustus 2015 wartawan media ini menghampiri sebuah makam bersejarah bagi warga gunungkidul yakni makan pontjodirjo.

Tentu tidak bisa kita pungkiri bahwa Gunungkidul yang terkenal dengan pegunungan seribunya ini sebagian warganya masih nguri-uri adat dan budaya yang jaman dulu yang diajarkan oleh para pendahulunya.

Dengan perkembangan jaman yang sudah maju seperti sekarang ini, hal-hal yang berbau adat dan budaya sudah mulai ditinggalkan, walaupun kalau kita kaji secara mendalam adat dan budaya yang diajarkan para leluhur jaman dulu merupakan ajaran yang luhur, mengajarkan budi pekerti sopan santun, toto kromo,  unggah ungguh dsb.

Ziarah kubur itu juga merupakan ajaran yang luhur, karena diajarkan untuk mendoakan kepada para pendalulunya, bagaimana bisa “ mikul duwur mendem jero”, kalau mendoakan saja tidak mau, kata Salman sunyoto juru kunci pesarean Eyang Pondjodirdjo, sebagai bupati I Gunungkidul.

Makam Eyang Pondjodirdjo memang menjadi sorotan karena hampir semua calon bupati dan wakil bupati berziarah ke makam beliau.

Kalau yang ramai itu malam Jum’at Legi, karena hari itu merupakan kelahiran Eyang, kata Sunyoto kepada media Pastvnews. Lebih lanjut Sunyoto mengatakan, yang datang ziarah pertama kali Djangkung Sudjarwadi bersama rombongannya.

Kemudian selang beberapa bulan kemudian Benyamin sudarmaji beserta team suksesnya, kemudian selang satu bulan rombongan Subardi, kata Sunyoto. Untuk Bu Badingah sampai saat ini belum ziarah, tetapi setiap hari jadi Gunungkidul pasti beliau datang, masih kata Sunyoto.

Dan sampai saat ini saya juga belum mendapatkan petunjuk atau gambaran dari Eyang, siapa yang akan menduduki jabatan bupati Gunungkidul nanti, pungkas Sunyoto.

Juru kunci makam bupati Gunungkidul I ini merupakan turun temurun dari  Eyang Achmad Ilham sampai ke Mbah Mulyo Redjo, kemudian ke Mangun Dihardjo dan yang sekarang ini ke Salman Sunyoto. WJN




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi