Kembali Ke Index Video


Hari Jadi Gunungkidul Tahun 2017 “Mbedani” Semua Mantan Bupati Di Ziarahi

Kamis, 11 Mei 2017 | 06:53 WIB
Dibaca: 2135
Hari Jadi Gunungkidul Tahun 2017 “Mbedani” Semua Mantan Bupati Di Ziarahi
ZIARAH MAKAM BUPATI GUNUNGKIDUL DI DESA PILANG REJO

Wonosari-media Pastvnews.com, Untuk menyambut hari jadi Gunungkidul biasanya diawali dengan Ziarah Ke makam Bupati Gunungkidul I, Mas Tumenggung Pontjodirjo di Ponjong. Untuk kali ini “mbedani” Pemkab yang dinakodahi Bupati Gunungkidul,  Hj. Badingah, S.Sos ziarah dilakukan ke semua mantan bupati yang sudah almarhum.

Hal ini diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Azman Latif ketika mewakili bupati berziarah ke mantan bupati yang ke-24, Drs. KRT. Hardjohadinegoro (Drs. Yoetikno) di pemakaman umum Desa Pilangrejo.

“Awalnya memang ke Bupati pertama dulu baru dipecah menjadi tiga kelompok, menyebar ke seluruh wilayah DIY karena makamnya tidak hanya di Gunungkidul saja,” ujar Azman, Rabu, 10/05/2017.

Dikatakan Azman, bahwa ziarah ini sudah dimulai dari kemarin, Selasa, 09/05/2017, tujuannya selain bersilaturahmi dengan keluarga almarhum juga mendoakan kepada mantan bupati yang sudah almarhum karena  sudah berjasa kepada Gunungkidul.

Hadir dalam rombongan ziarah ke mantan bupati ini terdiri dari eselon II dan III berserta muspika kecamatan Nglipar dan kepala desa se-Kecamatan Nglipar.

Seperti kita ketahui, setelah melalui berbagai upaya yang dilakukan oleh panitia untuk melacak Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang dibentuk pada tahun 1984,baik yang terungkap melalui fakta sejarah.

Penelitian dan pengumpulan data dari tokoh masyarakat berhasil menyimpulkan bahwa hari lahir Kabupaten Gunungkidul adalah Hari Jumat Legi tanggal 27 Mei 1831 atau Tahun Jawa 15 Besar Tahun Je 1758 dan Bupati yang pernah memimpin Gunungkidul adalah :

1. Mas Tumenggung Pontjodirjo, 2. Raden Tumenggung Prawirosetiko, 3. Raden Tumenggung Suryokusumo, 4. Raden Tumenggung Tjokrokusumo, 5. Raden Tumenggung Padmonegoro, 6. Raden Tumenggung Danuhadiningrat.

 7. Raden Tumenggung Mertodiningrat, 8. KRT.Yudodiningrat, 9.KRT.Pringgodiningrat, 10.KRT.Djojodiningrat, 11.KRT.Mertodiningrat, 12.KRT.Dirjodiningrat, 13.KRT.Tirtodiningrat, 14.KRT.Suryaningrat.

 15.KRT.Labaningrat, 16.KRT.Brataningrat, 17.KRT.Wiraningrat, 18.Prawirosuwignyo, 19.KRT.Djojodiningrat,BA, 20.Ir.Raden Darmakun Darmokusumo, 21.Drs.KRT.Sosrodiningrat, 22.Ir.Soebekti Soenarto, 23.KRT.Harsodingrat,BA, 24.Drs.KRT.Hardjohadinegoro (Drs.Yoetikno), 25.Suharto,SH . Hj. Badingah, Sos (bupati saat in). W. Joko Narendro.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi