Kembali Ke Index Video


GPPH.Prabukusumo ‘Suwangan Opak Bantul Perlu Di Buat Sodetan Permanen

Selasa, 7 Januari 2020 | 09:22 WIB
Dibaca: 791
GPPH.Prabukusumo ‘Suwangan Opak Bantul Perlu Di Buat Sodetan Permanen
PMI BANTUL FOTO BARENG

Bantul - Pastvnews.com - Lintas Daerah - Untuk mengatasi agar penyumbatan arus air yang terjadi setiap tahun di "suwangan" (muara) Sungai Opak Kretek Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta tidak terjadi lagi, maka diharapkan dibangun "sodetan" (buangan) arus air dari kali tersebut ke laut.

Harapan, lontaran dan penegasan ini disampaikan oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DIY yang juga kerabat Kraron Kasultanan Yogyakarta, GBPH Prabu Kusumo, pada saat menghadiri Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Bantul tahun 2020 di Bantul, Senin (6/1).

Menurutnya, berdasarkan fakta bahwa sejak puluhan  tahun hingga kini, muara itu setiap tahunnya terjadi penyumbatan akibat gundukan  pasiir dan tanah. Akibatnya ratusan hekatare  lahan pertnian mengalami kerusakan.

Untuk ngupakan agar arus air sungai tidak tersumbat dan bisa masuk laut, maka terpaksa setiap tahunnya harus dibuatkan sodetan darurat. Untuk membuat sodetan dilakukan oleh para relawan diantaranya warga, TNI, POLRI, petani dan PMI.

Janganlah ada semacam anggapan hal itu merupakan kejadian alam yang biasa saja yang terjadi setaip tahunnya. Untuk mengupayakan ketersediaan anggaran diperuntukan pembuatan sodetan permanen, maka diharapkan Pemkab Bantul mengusulkannya ke Pemerintah Pusat, misalnya ke Kementrian PUPR", ungkap Prabu Kusumo.

Ia menambahkan, dalam hal untuk pengajuan anggaran dimaksud, pihaknnya siap untuk menjadi saksi guna menguatkan bahwa penyumbatan arus air itu memang terjadi di setiap tahunnya.

Pada kesempatan itu, Prabu Kusumo juga berkomenter tentang PMI yaitu harus profesional Standar Operasinal. Pelayanan (SOP)-nya harus  ada dan jelas. Selain itu juga harus meningkatkan pelayanan agar semakin dekat dengan masyarakat.

Sementara itu, Ketua PMI Bantul, Wirmon Samawi, dalam sambutannya, mengatakan, upaya peningkatan profesionalisme di lingkungan PMI Bantu secara bertahap sudah dilakukan, salah satu caranya adalah laporan keuangan secara profesional dan transparan.Yang tidak bisa melakukannya akan ditinggalkan.

Pada kesemapatan sama, Wakil Bupati Bantul, Drs . H. Abdul Halim Muslih, sebelum membuka Musker ini dalam sambutannya, mengatakan,  peningkatan pelayanan oleh PMI meruapakan hal yang penting bagi keberadaan organisasi kemanusiaan ini.

Kepedulian tentang hal hal yang berkaitan dengan kemanusiaan  sangatlah diperlukan dan sebenarnya menjadi kewajiban setiap orang.

Musker PMI kali ini berlangsung selama sehari. Dengan acara ini diharapkan menghasilkan program kerja yang sistematis dan dilaksanakan secara profesional.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi