Kembali Ke Index Video


Penambangan Pasir Dengan Cara Disedot Dikeluhkan Warga Banaran

Selasa, 3 Desember 2019 | 23:13 WIB
Dibaca: 80
Penambangan Pasir Dengan Cara Disedot Dikeluhkan Warga Banaran
Pasir disedot langsung diangkut truk

Kulonprogo-pastvnews.com, warta lintas kasus Maraknya penambangan pasir yang di duga ilegal di sepanjang sungai Progo dikeluhkan banyak warga Banaran Galur Kulon Progo mereka mengeluhkan maraknya mesin beroprasi di sungai. Apalagi penambangan ini dilakukan dengan cara disedot.

Penambangan pasir dengan cara sedot ini sudah lama berjalan dan penambang ini tidak mengantongi ijin penambangan" ujar salah seorang warga Banaran yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Ditambahkannya penambangan pasir dengan cara ini (sedot memakai diesel), dapat merusak lingkungan. Sehingga merusak ekosistem dan merugikan masyarakat.

Disebutkannya mesin sedot ilegal yang ada di sekitar Banaran ada belasan. Meski sudah lama beroperasi namun tidak ada timdakan dari aparat berwenang.

Ketika awak media pastvnews.com, terjun ke lokasi, sejumlah mesin memang tengah menyedot atau mengambil pasir. Pasir dari sungai Progo tersebut langsung diarahkan truk.

Sementara itu dikonfirmasi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Kulon Progo, Agung Kurniawan mengatakan ijin pertambangan pernah dikeluarkan. Di mana masa berlaku sekitar tiga tahun. Namun juga tergantung luas area penambangan.

Dan beberapa waktu yang lalu pernah diadakan razia penambang pasir ilegal. Mesin sedot dan truk di sita. Namun di antara penambang dan masyarakat ada pro kontra" tandasnya.

Lebih jauh Agung menyarankan untuk mengetahui secara pasti keberadaan para penambang, sebaiknya konfirmasi ke Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu propinsi. Selain itu kros cek PU-ESDM dan iBWSO. (Tim red)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi