Kembali Ke Index Video


Inilah 6 Kecamatan Di Gunungkidul Terparah Sulit Air Setiap Musim Kemarau

Sabtu, 22 Juni 2019 | 08:43 WIB
Dibaca: 782
Inilah 6 Kecamatan Di Gunungkidul Terparah Sulit  Air  Setiap Musim Kemarau
WARGA TERIMA BANTUAN AIR BERSIH DI SAAT MUSIM KEMARAU

Gunungkidul – Pastvnews.com memasuki tahun 2019 Gunungkidul masih menjadi sorotan para pendonor air  sehingga tak sedikit bagi yang peduli untuk memberikan bantuannya ke sejumlah tempat yang telah mengalami kekeringan.

Memasuki Dampak musim kemarau panjang memang telah dirasakan masyarakat Kabupaten Gunungkidul sehingga kekeringan melanda sebagian wilayah di Gunungkidul, senin (17/6).

Kebanyakan sumur galian warga sudah pada mengering, atau warga mengandalkan PAM Desa yang debitnya kadang tidak mencukupi untuk keperluan satu desa, selain itu warga yang rumahnya belum tersentuh PAM

Kesulitan air maka telaga telagapun di manfaatkan airnya untuk keperluan sehari-hari atau menyiapkan bak penampungan untuk jaga-jaga, sebagian warga juga sudah ada yang membeli air, bahkan ada yang sejak Januari lalu” ungkap Winarno salah satu warga yang menjadi langganan droping air saat kemarau.

Sebagai bentuk respon cepat terhadap bencana kekeringan di Gunungkidul tersebut, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap DIY telah menyiapkan serangkaian program untuk turut membantu masyarakat terdampak kekeringan di Gunungkidul tersebut.

Kita siapkan program Droping Air bersih untuk wilayah-wilayah Gunungkidul yang saat ini tengah mengalami kekeringan dan berpotensi krisis air bersih, droping akan menggunakan truk tangki berkapasitas 5.000 liter dan akan berkeliling Gunungkidul untuk mendistribusikan air bersih bagi masyarakat” ujar Bagus Suryanto,

Bagus menambahkan, program droping air bersih merupakan program untuk membantu menyediakan air bersih bagi masyarakat, sedangkan program jangka panjang untuk mengurai krisis air bersih di Gunungkidul adalah berupa pembangunan Sumur Wakaf jelasnya kembali.

Sampai warta ini di unggah media pastvnews.com terpantau di sejumlah daerah jumlah Sumur Wakaf yang telah dibangun di Kabupaten Gunungkidul dan sekitarnya telah mencapai 18 titik dengan kedalaman beragam dari 50 meter hingga 100 meter. [Dinact/tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi