Kembali Ke Index Video


Lindungi Umatnya, Muhammadiyah Mengharamkan Rokok Vape

Sabtu, 25 Januari 2020 | 10:37 WIB
Dibaca: 3817
Lindungi Umatnya, Muhammadiyah Mengharamkan Rokok  Vape
Ustadz Wawan memaparkan rokok haram

Yogyakarta-pastvnews.com. Tren penggunaan vape atau rokok elektronik kian mengkhawatirkan. Di mana anak-anak dan remaja mulai menjadi perokok. Rokok elektronik dan rokok konvensional haram hukumnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Tarjih Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ustdaz Wawan Gunawan Abdul Wachid dalam silaturahmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) se Jawa Tengah dan se Daerah Istimewa Yogyakarta, di kantor PP Muhammadiya Jl Cik Dik Tiro Yogyakarta

Ustadz Wawan menegaskan sebagaimana rokok konvesional, e-cigarette atau vape mengandung zat adiktif dan unsur racun membayahakan. Bahkan vape ini lebih membahayakan  bahkan lebih buruk. Sehingga merokok sama halnya bunuh diri perlahan-lahan.

Ditambahkannya merokok e-cigarette atau vape bertentangan unsur-unsur tujuan syariah. Terutama dalam hal perlindungan agama, perlindungan jiwa dan raga, perlindungan akal, perlindungan keluarga dan perlindungan harta.

Selain bertentangan dengan tujuan syariah, terangnya, vape juga bertentangan dengan prinsip kesempurnaan Islam, Iman dan Ikhsan.

Lebih jauh Ustadz Wawan menjelaskan fatwa haram vape ini mencakup semua kreteria rokok elektronik. Baik yang dalam bentuk ENDS (electronic nicotine delivery system) maupun HPT (heated tobacco product).

"PP Muhammadiyah sangat khawatir tren penggunaan vape yang sudah menyasar kalangan anak-anak dan remaja. Oleh karena itu Muhammadiyah mengeluarkan fatwa ini" tandasnya. (njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi