Kembali Ke Index Video


Jumlah Penderita Gagal Ginjal Meningkat Capai 150.000 Orang RSUD Bantul Bangun Gedung Unit Hemodialisa

Jumat, 19 Oktober 2018 | 18:06 WIB
Dibaca: 1173
Jumlah Penderita Gagal Ginjal Meningkat Capai 150.000 Orang RSUD Bantul Bangun Gedung Unit Hemodialisa
Bupati Bantul Drs H Suhasono, Dirut RSUD Panembahan Senopati dr I Wayan Wartana dan Dirut PT Sinar Roda Utama Jateng DIY Agustiyono Styonugroho saat peletakan batu pertama.

Bantul-media PASTVNEWS.COM -warta kesehatan, secara nasional jumlah penderita gagal ginjal dan memerlukan pencucian darah di Indonesia mencapai 150.000 orang. Hal itu perlu solusi yang terencana.

"Jumlah sebanyak itu bisa terjadi dan faktanya  para penderitanya selalu mengalami kenaikan 3000 orang pertahun", demikian pernyataan Dirut Rumah Sakit Umum Panembahan Senopati Bantul, dr I Wayan Wartana, pada saat peletakan batu pertama pembangunan gedung Unit Hemodialisa (untuk cuci darah) di rumah sakit tersebut Kamis (19/10).

Di lain sisi, fasilitas yang tersedia untuk penanganannya hingga saat ini masih sanbgat kurang dan terbatas. Maka RSU PS Bantul bersama PT  Sinar Roda Utama perlu ikut mencari solusinya dengan cara membangun gedung ini untuk peningkatan pelayanan kesehatan.

Di RSU PS Bantul jumlah pasien yang harus cuci darah semula rata rata 22 orang kini bertambah menjadi 123 hingga 250 per bulannya.

Sementara itu, Agus Styono Nugroho menyatakan di dunia jumlah penderita gagal ginjal dan harus cuci darahnya mencapai 100 orang per satu juta penduduk.

Di Jepang 700 orang per satu juta penduduk. Itu penyebabnya adalah pola hidup dan pola makan masyarakatnya yang tidak baik.

Sementara Bupati Bantul. Drs H Suharsono mengharapkan agar unit gedung ini bisa dimanfaatkan sebaik baiknya guna peningkatan kualitas kesehatan masyarakat melalui perawatan pengobatan. ‘pardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi