Kembali Ke Index Video


Hati-Hati, Penyakit DMD/BMD Bisa Berakibat Fatal

Jumat, 18 Oktober 2019 | 13:20 WIB
Dibaca: 183
Hati-Hati, Penyakit DMD/BMD Bisa Berakibat Fatal
PENJELASAN NRA SUMBER

Sleman-Pastvews.com warta kesehatan Penyakit distrofi otoyDuchernne dan Becker Duchennne Muscular Dystrophy – DMD dan Backer  Muscular Dystrophy – BMD, merupakan penyakit otot turunan tersering. Di mana penyakit ini mempengaruhi 1 per 3,500 kelahiran bayi laki-laki.

“Bagi pernderita DMD – BMD harus ditangani dengan baik, karena tanpa penangan yang baik pasien akan meninggal akibat gagal napas atau gagal jantung pada dekade ke dua” terang Dr Chen dalam seminar psiko edukasi dan tata laksana rehabilitasi penyakit DMD – BMD, di RS akademik UGM

Dijelaskannya serangan DMD dimulai ketika anak berusia 3-5 tahun. Penyakit ini ditandai dengan kelemahan otot yang progresif sejak balita.

Dan sebelum usia 12 tahun, penderita sering kehilangan kemampuan berjalan. Namun, pasien masih mampu berjalan hingga umur lebih dari 16 tahun.

Penanganan DMD , tambahnya,  bisa melalui non medikamentosa maupun medikamentosa. Penanganan non medikamentosa antara lain dengan terapi  fisik, terapi okupasi hingga bedah ortopedi korektif.

“Untuk pengobatan medikamentosa diantaranya dengan pengobatan angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor dan  beta bloker, guna memperlambat perburukan otot jantung” tegasnya. (njar)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi