Kembali Ke Index Video


DBD Meningkat 2x Lipat, DPRD Minta Sosialisasi Ke Masyarakat

Jumat, 7 Oktober 2016 | 23:44 WIB
Dibaca: 1325
DBD Meningkat 2x Lipat, DPRD Minta Sosialisasi Ke Masyarakat
DOK FOTO PASTVNEWS.COM, FOGING PENYEMPROTAN SARANG NYAMUK

Media Pastvnews.com-Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypty yang mengakibatkan penderita bisa sampai meninggal dunia.

Karena cuaca yang tidak menentu di Gunungkidul penyakit DBD  meningkat 2 x lipat dari tahun sebelumnya, sehingga menjadi perhatian diperbagai pihak termasuk Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Gunungkidul.

Dalam surat rekomendasi penetapan hasil pengawasan DPRD Gunungkidul setelah melaui sidang paripurna, terkait dengan masalah penyakit DBD ini, Sarmidi dari Fraksi PAN, Kamis,06/10/2016, meminta pemerintah menyediakan baktifet (sejenis abate) lebih diperbanyak untuk dibagikan kepada masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan  untuk digencarkan dalam pemberian sosialisasi terkait pencegahan penyakit DBD.

“saya minta Dinas Kesehatan lebih gencar untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pencegahan penyakit DBD ini,” pinta Sarmidi.

Sementara itu secara terpisah, Kabid penanggulangan penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dr Sumitro, Jum,at, 07/10/2016 siang,menjelaskan, kalau pihaknya sudah berusaha mensosialisasikan ke masyarakat per-kecamatan melalui puskesmas masing-masing.

Untuk pencegahan, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), lanjut Sumitro, perlu dilakukan,  setiap rumah harus ada yang bertanggung jawab untuk memantau jentik-jentik penyebab penyakit DBD.

“Untuk pengendalianya, ada Penyelidikan Entermonologi (PE), fogging focus, PSN sendiri bisa  secara mekanis menggunakan dengan kimiawi, tetapi kimiawi kita hindari dengan berbagai alasan resistensi,” jelasnya.

Hujan terus menerus tidak ada perubahan musim, menurut Sumitro menjadikan penyebab utama melonjaknya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini.

“Sampai sekarang tidak ada perubahan musim, curah hujan yang cukup tinggi, kemudian perilaku masyarakat yang masih perlu diperbaiki, ini penyebab utama melonjaknya DBD,”jelas Dr asli Madura ini.

Diharapkan semua masyarakat peduli dengan lingkunganya masing-masing dengan lingkungan yang bersih, aman, nyaman, sehingga kemungkinan kecil nyamuk bersarang dirumah-rumah warga. W. Joko Narendro.

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi