Kembali Ke Index Video


Musik Tradisionil Angklung Masih di Gemari Pra Pentas Menguji Mental

Kamis, 28 Desember 2017 | 19:12 WIB
Dibaca: 1469
Musik  Tradisionil Angklung Masih di Gemari  Pra Pentas Menguji  Mental
tim musik tradisionil angklung masih bersemangat Media warta  digital pastvnews.com, banyaknya   bermunculan  grup  musik jalanan di Yogya  menambah nilai tersendiri bagi kehidupan berkesenian, Yogya yang dikenal sebagai kota budaya,pelajar dan masih banyak lagi predikat.

 

Wajar jika bermunculan musik dengan berbagai aliran, berbagai kelompok musik. Hadir musik tradisional, seperti grup Cakra Ghalasa, Karangmojo, Purwomartani,Kalasan ini meski  sudah ada, namun  dalam perkembangan musik di  Karangmojo tersendat, bahkan  mati. Hadirnya  musik  Angklung Cakra Ghalasa  menambah  khasanah tersendiri, meski di beberapa   daerah  banyak bermunculan. Namun  musik yang  awal berdiri mendapat support  Grup  Jeli   sehingga  musik Cakra  Ghalasa eksis.

Kami bertemu dengan mas Andi  dan memberi  support, semangat untuk bangkit bermusik tanpa ada  dukungan  dari  Mas Andi mungkin nasibnya juga akan seperti musik yang pernah ada  di  Karangmojo” ungkap Boka  ditemuai  seusai latihan.

Grup  Angklung  Cakra Ghalasa yang  belum lama berdiri ini  sudah sering pentas diberbagai tempat dan  mengisi kesenian di kampung .” Meski  kami  sering mengisi dikampung, tapi kami bukan kampungan, kami bermain musik professional “ imbuhnya.

Nama Grup  musik  Angklung  Cakra Ghalasa,sebagaimana  diungkapkan  Boka,  Cakra kepanjangannya, Cah Karangmojo sedangkan nama Ghalasa diambil  dari nama Pembina sekaligus penyemangat musik  angklung. Anggota Cakra Ghalasa berasal dari berbagai latar belakang  profesi.

Meski masih  berusia muda, Cara  Ghalasa, mampu tampil diberbagai  event,dengan personil  al,   Boka (pemukul angklung/melodi),Inu (pemukul ketipung dram),Dwi (Basello),Putra  (Kontra Bas),Slamet  (Gambang).

Diakui, Boka  meski  dengan latar belakang yang berbeda-beda namun  rutin berlatih untuk menambah khasanah musik maupun  lagu-lagu, di samping  tampil  untuk menguji kemampuan dihadapan public.

Boka yang  juga Ketua Pemuda  Karangmojo, setiap berlatih  selalu  kompak,terutama  untuk menguji mental di depan public dan menambah koleksi  lagu-lagu.Karena kesibukan masing-masing personil yang berbeda-beda. ”Dari pada nongkrong nggak karuan lebih baik mengisi waktu luang  dengan main musik.

Sesibuk apapun, meluangkan waktu untuk main musik. Kami percaya pada teman-teman mampu   memainkan  alat musik,”  papar Boka yang mengaku  belajar   musik  secara  otodidak.Ketertarikan, 

Boka   terhadap musik angklung, banyak  musik sejenis, tumbuh dan berkembang,berangkat dari semangat dan mewarisi alat-alat tradisionil perlu dilestarikan itulah  Grup Angklung  Cakra Ghalasa bermarkas  di  Karangmojo eksis.Sedangkan jadwal latihan  3 kali dalam seminggu.

”  Kami latihan setiap Selasa malam Rabu, Kamis malam Jumat dan malam Senin, dan sore habis Maghrib persiapkan alat,dan habis Isak kita mulai berlatih.” papar  Boka. Dyan/Isan R

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi