Kembali Ke Index Video


MERAWAT KUDA PACU HARUS PERHATIKAN NALURI HEWANYA

Kamis, 31 Januari 2019 | 17:36 WIB
Dibaca: 180
MERAWAT KUDA PACU HARUS PERHATIKAN NALURI HEWANYA
KUDA DI RAWAT DENGAN BAIK

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas hobby-olahraga Merawat kuda pacu memang memerlukan tehnik dan skil tersendiri. Artinya perawat harus memahami tentang berbagai hal yang berkaitan dengan profesinya.

Disisi lain kuda juga mempunyai naluri alamiyahnya sebagai hewan. Maka apa yang diperlukan sesuai dengan naluri yang diperlukan oleh kuda,  haruslah terpenubi.

Menurut Penyayang dan Pemilik Kuda Pacu sekaligus Pemilik Argomulyo Stable, Aryo Winoto SPt, menjelaskan, kuda itu sebelum dan sesudah di pergunakan untuk pacuan kuda maka harus selayaknya hewan di rawat dengan optimal apalagi kuda kontes.

Sementara itu kuda yang bisa lari kencang dalam dunia Pacuan Berkuda menjadi dambaan bagi pemilik, joki, perawat dan publik. Kencang dan tidaknya lari kuda dalam bertanding ditentukan  berbagi faktor diantaranya kualitas dan jenisnya. Yang juga penting adalah kualias di dalam merawatnya.

 Akan tetapi agar kuda bisa berlari kencang harus terpenuhi akan kebutuhannya. Diantaranya meski  kuda harus diberikan berbagai makanan dan vitamin yang berkualitas, akan tetapi kerena memerlukan rumput,  maka juga diberikan rumput," papar Aryo Winoto.

Ia menuturka, kuda memerlukan diumbar (bebas di alam terbuka) maka harus diumbar pula. Bahkan kuda memerlukan jalan jalan maka harus diturutinya.  Perlakuan dan perawatan seperti itu semuanya berrujuan agar kuda merasa senang .

Apabila dikatakan bahwa perawatan kuda memerlukan biaya yng lamayan relaif tinggi. Karena kuda yang dirawat dengan baik, maka larinya juga akan kencang dalam bertanding", kata Aryo Winoto, saat mengecek kuda kuda miliknya di dekat Stadion Sultan Agung Bantul, belum lama ini. Biaya tinggi Menurut H Subardiono pemilik Segoroyoso Stable yang juga peternak kuda,  merawat kuda pacu biayanya bisa di bilang tinggi.

Bila peraeatannya semakin baik maka biayanya juga semakin tinggi . Akan tetapi kualitas  larinya juga semakin bagus", kata Subardiono.

Menurut sabagai gambaran bahwa perawatan kuda dengan kualitas biasa biasa saja biayanya sekitar Rp 3.000.000 per bulan untuk  setiap ekor.

Rincianya diantaranya untuk membeli pakan sekitar Rp 1.000.000 untuk fitamin dan obat Rp.1.000.000 dan sewa kandang 1.000.000 . Bahkan biaya perawatan kuda pacu bisa pula pada umumnya mencapai enam hingga belasan juta per per ekor setiap bulanya’ pardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi