Kembali Ke Index Video


Tekuni Usaha Kerajinan Bahan Debok Pisang Pria ini Bisa Raih Keuntungan

Jumat, 11 Oktober 2019 | 22:26 WIB
Dibaca: 87
Tekuni Usaha Kerajinan Bahan Debok Pisang Pria ini Bisa Raih Keuntungan
PALYADI SEDANG SIBUK MENGERJKAN KERAJINAN DARI KULIT POHON PISANG

Bantul - Media online Pastvnews.com – warta lintas Ekonomi (UMKM) - Semua orang menginginkan kesuksesan. Namun tidaklah kesemuanya bisa meraihya. Kemungkinan salah satu penyebab dan penghalangnya adalah tidak ada kreatif pada diri seseorang yang ingin sukses.

Salah seorang yang cukup kreatif adalah Yohani Palyadi (23), warga Nglarang Kraton Mulyodadi Bambanglipuro Bantul Yogyakarta.

Pemuda ini sejak sekitar tahun 2016 berkrearif membuat kerajinan dari debok (pohon pisang). Dengan mendirikan usaha  UMKM bernama D' BOG KREATION, ia merasa memperoleh kebahagiaan dan keuntungan yang lumayan.

Alasan saya membuat kerajinan ini adalah debok (bahan baku) mudah didapat di sekitar, sehingga tidak perlu membeli dengan harga yang tinggi. Berkat kreatif saya bisa menghasilkan buah karya yang ternyata laku jual, maka usaha itu saya tekuni dan kembangkan.

Kini cukup banyak peminatnya", kata Yohani ketika berbincang dengan Pastvnews, di rumah tempat tinggak dan usahanya, Bambanglipuro, Jumat(10/10).

Ia menjelaskan, membuat kerajinan debok yang paling sulit adalah dalam pewarnaan. Debok warnanya hanya seperti itu dan satu jenis saja. Maka perajin harus bisa memberikan pewarnaan yang baik.

Mengenai harga kerjaninan bentuk lukisan wajah orang misalnya, Rp 200.000 hingga Rp.1 juta lebih atau tergantung jenis dan modelnya.

Pengerjaan satu  kerajinan itu membutuhkan waktu satu hingga lima hari atau  tergantung tingkat kesulitannya," tuturnya.

Pasaran hasil kreasi Yohani sudah ke pasaran lokal, nasional bahkan internasional. Hasil karya ini dikenal karena jenis dan uniknya serta  berkat seringnya ikut promosi diantaranya pameran. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi