Kembali Ke Index Video


Pengelolaan Sampah Bantul Akan Diswastakan Agar Bisa Saling Menguntungkan

Sabtu, 29 Desember 2018 | 13:50 WIB
Dibaca: 987
Pengelolaan Sampah Bantul Akan Diswastakan Agar Bisa Saling Menguntungkan
BUPATI BANTUL SUHARSONO PECAH KENDI TANDAI TRUK BEROPERASEI

Bantul  - PASTVNEWS.COM, Pengelolaan dan pengolahan sampah di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dinilai perlu diswastakan (kerjasama dengan pihak swasta) dengan harapan bisa saling menguntungkan antara  Pemerintah dan perusahaan yang bekerjasama.

Menurut  hemat saya seperti itu karena justru Pemkab dimungkinkan malah bisa mengambil keuntungan. Selain itu dapat untuk menciptakan lapangan kerja masyarakat", kata Rektor Yogyakarta Istitute Of Tehnology,

Prof Dr Ir H Chafid Fandeli, di sela berlangsungnya launching pemanfaatan damp truk sampah untuk mendukung Bantul bersih sampah oleh Bupati Suharsono, di Paseban Bantul, Jumat (28/12).

Menurutnya, permasalahan pengelolaan sampah di Bantul ataupun di D I Y ada tiga yaitu di tingkat sumber (masyarakat penghasil sampah), di transforter (pengangkutan) dan pada tempat pembuangan ahir (TPA) sampah.

 Untuk penampungan sampa di TPA  Sekber Yogyakarta Sleman dan Bantul (Kartamantul) yang ada di Piyungan  sudah tidak memadai dan perlu lahan baru.

Di lain segi bahwa jika dikelola secara profesional, maka sampah bisa menghasilkan produk berupa bahan jadi ataupun barang jadi yang bisa dimanfaatkan  dan menghasilkan uang. Inilah yang perlu disiasati oleh berbagai pihak.

Sementara launching truk ini sendiri dilakukan oleh Bupati,  berlangsung di lantai tiga untuk serimunial penyerahannya kepada Dinas Lingkungan Hidup  Setelah itu dilanjutkan di Lapangan Paseban untk dimulainya pengoperasian 17 armada truk.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi