Kembali Ke Index Video


Sektor Utara Gunungkidul Itu Potensi Wisatanya Apa Aja Ya ?

Selasa, 12 Januari 2016 | 11:01 WIB
Dibaca: 1880
Sektor Utara Gunungkidul Itu Potensi Wisatanya Apa Aja Ya ?
KASIE PROMOSI BP. SUPRIYANTO

Wonosari, media PASTVNEWS.COM, Memang tidak bisa kita pungkiri wisata pantai dan guwa pindul sisi selatan dan tengah sudah memboming sejak dulu, khususnya wisata pantai. Perlu kerja keras dari berbagai pihak untuk bisa mengembangkan wisata, khususnya wisata alam dan embung disisi utara.

Khususnya peran masyarakat itu sendiri, bagaimana diwilayahnya bisa dijadikan tempat wisata, sehingga bisa mengangkat wilayahnya untuk bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya.

Peran masyarakat dan pemerintahan setempat sangat dibutuhkan dalam rangka untuk menciptakan destinasi wisata diwilayahnya, sehingga tercipta karya wisata yang bisa dinikmati oleh turis, baik turis local ataupun mancanegara.

Tentu peran dan upaya pemerintah daerah juga sangat diharapkan untuk bisa memberikan dorongan baik segi moril maupun materiil, untuk bisa  mengangkat daerah secara keseluruhan.

Gunungkidul mempunyai ribuan tempat yang bisa dijadikan tempat pariwisata, ada wisata pantai/laut, Gua, Embung, air terjun, Gunung Api Purba, wisata religi, wisata alam, kerajinan-kerajinan, dan masih banyak lagi wisata yang belum dimunculkan ke dunia luar.

Oleh karena itu Pemerintah Gunungkidul, melalui dinas pariwisata dan kebudayaan dalam hal ini  bidang pemasaran pariwisata Gunungkidul sudah mulai bangkit untuk membenahi wisata-wisata yang belum terangkat.

Seperti wisata kerajinan batik Tancep sudah mulai diperkenalkan ke dunia luar melalui media Televisi Nasional maupun local, juga melalui media cetak dan elektronik.

Selain itu nanti akan kita promosikan Embung Sriten, pilangrejo, Nglipar dan Gunung Gambar Ngawen, karena ini juga berpotensi untuk diangkat ke permukaan, sehingga dunia luar akan tahu, dan diharapkan bisa datang ke Gunungkidul.

Peryataan itu disampaikan oleh Supriyanto, Kasie promosi dan pemasaran wisata Kabupaten Gunungkidul, Senin, 11/01/2016 di ruang kerjannya. Untuk mendongkrak wisata di Wilayah Gunungkidul  di tahun 2016 ini kami mempunyai 6 kegiatan, kata Supriyanto.

Pertama, memanfaatkan technologi informasi, kami mencoba melanjutkan dan meneruskan promosi melalui media televise local maupun nasional dan media cetak dan elektronik lainnya. Kedua, pengembangan jaringan, itu terkait dengan travel dialog, rencana kami diseluruh jawa, yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ini kita mengundang secmennya sekolah bersama pelaku-pelaku industri pariwisata, biro-biro perjalanan.

Ketiga, kita mengundang biro-biro perjalanan dan pelaku industri wisata untuk kita kenalkan dengan wisata-wisata di Gunungkidul, baik wisata yang sudah jadi maupun wisata yang baru.

Keempat, promosi melalui pameran, untuk tahun 2016 ini kita rencanakan ambil bagian untuk ikut pameran di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Batam. Kelima, pelatihan pemandu wisata terpadu, selain penguatan penjualan atau promosi,  kita juga menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk diadakan pelatihan-pelatihan.

Keenam, untuk memperkuat secment pasar, kita menyusun analisa pasar dengan konsultan. Selain itu kita juga mengikuti kegiatan-kegiatan diluar Gunungkidul untuk menambah wawasan dan bisa menganalisa pangsa pasar diwilayah Gunungkidul, masih kata Supriyanto.

Untuk sisi utara ini kita sudah berupaya untuk kita publish supaya paling tidak bisa mengikuti diwilayah tengah atau selatan, sehingga wisatawan  tidak terkonsentrasi ke wilayah pantai dan Gua Pindul, tetapi supaya di sektor utara  ini,  ada wisata yang bisa dikunjungi. Tetapi sekali lagi ini peran dan semangat masyarakat sangat menentukan, pungkas Supriyanto. WJN

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi