Kembali Ke Index Video


PARIWISATA PEDESAAN MAMPU DATANGKAN KEKAYAAN

Selasa, 19 Maret 2019 | 16:03 WIB
Dibaca: 715
PARIWISATA PEDESAAN MAMPU DATANGKAN KEKAYAAN
KETUA DPRD DIY BICARA POTENSI PARIWISATA DESA

Bantul - Media online Pastvnews.com - Dunia pariwisata pedesaan berbasis masyarakat dinilai dan diyakini mampu mendatangkan kekeyaan bagi masyarakatnya bahkan pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD DIY, H Yoke Agung Endra Laksana SE saat menjadi pembicara pada "bedah buku perencanaan pariwisata pedesaan berbasis masyarakat sebuah pendekatan konsep", di Balai Desa Seloharjo Pundong Bantul Provinsi DIY Selasa (19/1).

Menurutnya, hal itu telah terbukti sebagaimana yang telah dilakukan di sejumlah wilayah di Bantul dan Gunungkidul DIY. Di Dlingo Bantul misalnya, dulunya hanya dikenal sebagai daerah yang tandus (berbatuan). Namun setelah pernah dikunjungi oleh Presiden Amerika Obama, maka tempat wisatanya menjadi terkenal. Bahkan kini masyarakatnya telah menikmati hasil dari wisata yang ada.

Wisata pedesaan berbasis masyarakat adalah merupakan semacam peluang. Maka masyarakatnya juga harus mampu menangkap peluang yang ada.

Jika masyakarakatnya mampu bersinergis berbuat kreatif, dan pemerintah mendorongnya, maka hasil pariwisatanya juga akan lebih maksimal", kata Yoke

 Ia menambhkan, apalagi jika semua lapisan masyarakat memberikan dorongan dengan sikap yang santun dan ramah terhadap wisatawan , maka dunia pariisatan pedesaan akan semakin menggeliat.

Dorongan masyarakat sebagaimana yang saya maksud adalah seperti halnya yang telah dilakukan oleh masyarakat Bali. Mereka menyatukan antara adat budaya dan religius untuk dijual di dunia pariwisata.

Diharapkan masyarakat Yogyakarta (DIY) bisa menerapkan itu semua sebagaiamana masyarakat Bali untuk menvgeliatkan pariwisata", tambah Yoke.

Bedah buku kali ini juga menghadirkan beberapa pembicara diantanya dari pengelola desa wisata, Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah DIY serta diikuti sekitar 100 warga sekitar Pundong. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi