Kembali Ke Index Video


Kades Petahana Pilangrejo Nglipar Bicara ‘Soal Hasil Pembagian Wisata Sriten Masih Jomplang

Minggu, 20 Oktober 2019 | 11:11 WIB
Dibaca: 320
Kades Petahana Pilangrejo Nglipar Bicara ‘Soal Hasil Pembagian Wisata Sriten Masih Jomplang
SUNARYO MANTAN KADES YANG MENJADI CALON KADES INCUMBENT 2019

Gunungkidul-media pastvnews.com, pilkades di kecamatan Nglipar tahun 2019 ada 5 desa yakni desa Kedungkeris, Kedungpoh, Natah, Pilangrejo dan desa Nglipar. Calon kades petahana desa Pilangrejo Sunaryo kembali maju dan akan bertarung meladeni penantangnya yang juga mantan Kades Pilangrejo bapak Mugino.

Mantan kades Sunaryo saat di mintai Keterangan terkait jumlah pemilih dalam pilkades 2019 Desa Pilangrejo dia menjelaskan terdapat 2841 Dpt, Meski demikian tentu tak akan bisa hadir semua hal ini sama dengan di saat ada Pileg, dan pilkades karena sebagian mereka ada diluar daerah kecuali mereka pulang menggunakan hak pilihnya , ‘paparnya.

Menyinggung dirinya maju kembali sebagai kades sebenarnya di desa kami sebelumnya tak hanya dua calon namun yang lain ndak jadi sebelum pemberkasan, sehingga hanya dua yang maju, sementara untuk Mbah Mug setiap ada pilkades juga maju dan tahun ini dia maju kembali.

Calon kades petahana ini melanjutkan jika nantinya di tahun kedua kembali memimpin maka yang pasti program memajukan desa lewat pariwisata akan saya giatkan agar lebih menonjol apalagi potensi kawasan embung Sriten telah menjadi destinasi yang banyak di kunjungi wisatawan.

Naryo sapaan akrapnya menambahkan secara rinci bahwa kegiatan pariwisata sangat berpotensi untuk menambah lapangan kerja dan memajukan desa, namun sayangnya pembagian hasil  dari pihak Pemkab Gunungkidul dengan desa dirasa masih jomplang karena 75% untuk Pemkab dan 25 % untuk desa sementara itu hasil pembagian yang di terima oleh desa tersebut masih di bagi lagi untuk pengelola disana terutama untuk Pokdarwis.

Tentu kami mengusulkan kedepan minta untuk dibalik, 60 s/d 70 bisa ke desa dan sisanya ke Pemkab, Nah jika ini bisa diberlakukan tentu perekonomian didesa dan dalam pengelolaan desa wisata akan lebih maju karena akan mampu mengembangkan dengan skema pembagian hasil yang besar  dan tidak seperti sekarang ini masih di rasa Jompalng atau berat sebelah, Tandas Sunaryo kepada awak media pastvnews.com 19 Oktober 2019.

Terkait pembagian Pemdes Pilangrejo pernah menerima pertama sebesar  Rp.9000.000 kemudian Target pendapatan restribusi Pemkab Rp.95.000.000 terlampoi pada lebaran 2019, meningkatnya hasil jelas akan meningkat pembagian.

Namun ya itu pembagian 25 % tersebut di rasa masih ada ketimpangan, sehingga apabila Pemdes dan masyarakat pengelola destinasi wisata embung Sriten melaui pokdarwis bisa lebih meningkat, apalagi skema pembagian di ubah kami yakin sekali kedepan bisa lebih bergairah.

Namun apabila masih sama maka  akan membuat lesu pengelola dan pokdarwis. Kurang maksimalnya dalam pembagian hasil terkadang Kades masih mendapat sorotan dari masyarakat

Banyak menjadi rasanan, terkadang jumlah kunjungan ramai masak warga ndak sejahtera, nah ini yang sering kami dengar dan kami rasakan, oleh sebab itu melalui media ini kami ungkapkan hal ini dengan maksud dan tujuan kedepan potensi dan kunjungan serta hasil bisa imbang atau, tidak jompalng setidaknya ada pola yang lebih menggairahkan masyrakat dan Pemdes 'kata Sunaryo.

Masih mengenai potensi tatkala kawasan Sriten di maksimalkan maka akan berdampak warga sekitar membaik, untuk itu kami juga telah merancang ada tempat khusus di bawah sriten berupa tanah Pemerintah untuk bisa dipakai mendarat olah raga paralayang, dimana lokasi tersebut akan di ajukan ke panitikismo kraton jogja untuk mendapat ijin dan agar bisa mempergunakannya.

Di akhir perbincangan dengan awak media pastvnews sunaryo memperjelas, bahwa majunya kembali  sebagai calon kepala desa agar bisa meneruskan program tersebut, selain  juga bertujuan bisa mensejahterakan dan memajukan desa dan satu diantaranya adalah potensi wisata di kawasan Sriten. ‘Pungkas Naryo. (tim red, ed,ym,nur)       

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi