Kembali Ke Index Video


Dinas Kebudayaan Bantul Gelar Lomba Foto Cagar Budaya

Selasa, 8 Mei 2018 | 07:15 WIB
Dibaca: 1919
Dinas Kebudayaan Bantul Gelar Lomba Foto Cagar Budaya
IPUNG JELASAKAN LOMBA FOTO

Bantul media pastvnews .com, dalam upayanya pendokumentasian potensi bangunan cagar budaya, Dinas Kebudayaan Bantul mengelar  Lomba Foto Cagar Budaya. Lomba yang digelar untuk pertamakalinya ini dan terbuka untuk umum, baik warga Bantul maupun luar daerah ini memperebutkan total hadiah Rp 17.750.000,-

Seksi sejarah Dinas Kebudayaan Bantul, Markus Purnomo Adi kekayaan dan potensi di Bantul menjadi tanggung jawab bersama di dalam menjaga kelestariaannya. Oleh karena dengan lomba foto cagar budaya ini diharapkan masyarakat akan bangkit kepeduliannya untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya yang ada di Bantul.

Di Bantul ada 32 obyek cagar budaya, selain itu 19 benda, seperti lingga yoni yang ditemukan di Bantul yang mana benda-benda tersebut kini disimpan oleh Balai Pelestari Cagar Budaya (BOCB) Prambanan" terang pria yang akrab di sapa Ipung ini.

Lebih juah Ipung menjelaskan peserta boleh mengumpulkan atau mengirimkan maksimal 5 lembar foto berbeda dengan satu karya wajib. Untuk obyek pengambilan foto adalah seluruh cagar budaya yang ada di Bantul.

Cagar Budaya tersebut antara lain Stasiun Palbapang, Cagak Anim Palbapang, cagar budaya yang ada di komplek Kotagede, Gua Siluman dan Situs Payak.

Ditambahkannya periodesasi pengambilan foto yakni 1Januari 2017 hingga mendekatj batas akhir penyerahan karya.

Di mana pengumpulan karya paling lambat 14 September 2018, cap pos. Untuk karya atau foto yang dilombakan dicetak dalam ukuran 12 R dan file dalam CD dengan format jpeg  sisi terpanjang 1500 pixel maksimal 2 MP.

Ipung juga menegaskan foto yang dikirimkan dilarang menggunakan teknik infrared dan menambah atau mengurangi elemen foto, namun editing diijinkan sebatas cropping, burning dan doging. Dan yang terpenting saat pemotretan  tidak boleh ada bantuan drone serta karya tersebut tidak boleh berbau politis.

"Peserta yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang lomba foto cagar budaya ini dapat mengunduh melalui laman disbud.bantulkab.go.id atau facebook dinas kebudayaan Bantul" pungkasnya. (Anjar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi