Kembali Ke Index Video


Permudah Pengambilan Kebijakan Bantul Wujudkan Zoom Satu Data

Rabu, 31 Juli 2019 | 10:30 WIB
Dibaca: 589
Permudah Pengambilan Kebijakan Bantul Wujudkan Zoom Satu Data
DOK FOTO UPD 2019 BANTUL

Bantul  - Media online Pastvnews.com - Lintas Daerah - Pemerintah Kabupaten  Bantul D.I Yogyakarta bertekad mewujudkan dan nerealisasikan adanya satu versi data dan tidak lagi terjadi perbedaan data di antara Unit Perangkat Daerah (UPD) ataupun dinas instansi.

Hal ini harus terwujud untuk memudahkan dalam pengambilan kebijakan oleh Pemkab untuk pembangunan di masa mendatang.

Hal itu terungkap dalam Facus Group Discution (FGD) Satu Data sebagai implementasi Perpres No 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, yang diadakan oleh Kominfo Pemkab Bantul, di Bantul, Selasa (30/7).

Hal itu juga sesuai yang diungkapkan oleh Wakil Bupati Bantul, Drs. H Abdul Halim Muslih, kepada awak media di sela sela atau berlangsungnya diskusi ini.

Selama ini masih terjadi berbagai versi data antara UPD, maka nantinya harus satu versi data. Dalam satu versi data akan dikelola oleh forum pengelola data. Dikoordinir oleh Bapeda dan pengelolanya dilakukan oleh Kominfo", tegas Abdul Halim.

Menurutnya, hal yang tidak boleh terjadi lagi perbedaan data antara UPD di Bantul, misalnya data tentang jumlah KK miskin,  UKM dan tenaga kerja ataupun lainnya.

Sementara Itu Kepala Dinas  Kominfo Bantul Fenti Y, ST MT, mengungkapkan senada, bahwa satu versi data dan valid penting dan sangat berguna di Bantul untuk memudahkan dalam pengambilan kebijakan di masa mendatang.

Yah diharapkan dengan adanya diskuci kali ini semua UPD akan lebih profesional dalam membuat data meliputi dalam mencari, menganalisa serta mengelolah data yang ada," kata Fenti.

Sementara itu, pembicara dari  Deputi I Kepresidenan RI, Roberth Teodore, mengungkapkan, di pemerintah pusat juga terjadi perbedaan data diantara kementrian yang satu dengan yang lain.

Maka Bapak Presiden Joko Widodo membuat Perpres Nomer 39 Tahun 2019. Ini harus kita emplemantasikan bersama untuk kemajuan", ungkap Troberth.

Diskusi kali ini berlangsung sehari dikuti oleh seluruh UPD di lingkungan Pemkab Bantul.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi