Kembali Ke Index Video


Pasar Klitikan Bantul Di Alihkan Ke Pasar Niten ‘Pengelolaan Parkir Jadi Masalah ?

Rabu, 3 Juni 2020 | 18:32 WIB
Dibaca: 516
Pasar Klitikan Bantul Di Alihkan Ke Pasar Niten ‘Pengelolaan Parkir Jadi Masalah ?

Bantul – PASTVNEWS.COM,- Lokasi pasar klitikan "kliwonan" (setiap pasaran hari kliwon) yang para pedagangnya biasa berjualan di ruas jalan di sebelah barat pasar Bantul, sejak sekitar 20 hari terakhir lokasina dialihkan ke Pasar Klitikan Niten.

Sementara pengaturan parkir di Pasar Niten menjadi permasalahan sendiri ataupun semrawut, maka pihak Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan pemetaan dan pengaturan.

Gini Pak. Dulu para pedagang ini menggelar dagangannya di dekat Pasar Bantul, namun  karena terkait dengan pandemi Covid-19, maka lokasinya dialihkan  ke Pasar Niten.

Tapi informasinya pengelolaan lahan parkir di Niten jadi permasalahan, maka perlu  penataan dan pengaturan", kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Anjar Arintaka S.Sos.MM, di sela –sela memimpin peninjauan pasar klitikan Niten, Rabu (3/6/2020).

Menurutnya, semula pasar klitikan di Niten hanya malam hari. Setelah adanya pemindahan para pedagang yang biasanya berjualan di Bantul, mereka berjualan di Niten pada pagi  dan siang hari. Sehingga pasar klitikan di Niten menjadi tiga bagian yaitu pagi, siang dan malam.

Sementara di lain segi bahwa menurut informasi pengelolaan lahan parkir di Niten  menjadi masalah dan perlu penataan. Maka kini Dishub bersama pihak terkait diantaranya kepolisian, dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Niten melakukan peninjauan di lokasi ini.

Peninjauan ini bertujuan untuk memudahkan setrategi  pengaturan lahan parkir di Pasar Niten agar tidak terjadi tumpang tindih antara yang pag, siang dan malam hari", kata Anjar.

Pada kesempatan sama, Ketua APPSI Niten, Rustamaji mengatakan, pihaknya menyambut positif adanya peninjauan dan rencana pengaruran lahan parkir oleh pemerintah (Dishub Bantul).

Meski selama tiga minggu terakhir perdagangan barang klitikan di Niten relatif menggeliat, maka dengan pengaturan lahan parkir diharapkan akan semakin meramaikan bisnis klitikan di Niten. Bahkan pada awal Juli 2020 akan normal kembali", kata Rustamaji.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul yang juga membidangi  ekonomi, Aryunadi, dalam tanggapannya mengatakan, pihaknya segera akan melakukan sidak di lokasi, memanggil dan meminta keterangan lihak ekskutif dan melakukan pengkritisan sesuai dengan kewenangan sebagaj DPRD.

Pasar klitikan menyangkut hajat dan perut masyarakat. Nyatanya  itu bisa untuk kegiatan perekonomian, maka penataan dan pengaturan terkait dengan itu harus dilakukan dengan mengutamakan terjadinya kemajuan peremonomian melalui bisnis klitikan", kata Ayunadi.

Ia mengatakan, berbagai upaya untuk memajukan ekonomi masyarakat (termasuk klitikan) harus memperoleh perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bantul. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi