Kembali Ke Index Video


Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi Resmikan Gedung KM Baruna Akademi Maritim

Senin, 30 Juli 2018 | 16:00 WIB
Dibaca: 965
Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi Resmikan Gedung KM Baruna Akademi Maritim
mentri perhubungan resmikan gedung

Yogyakarta-Pastvnews.com Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meresmikan Gedung KM Baruna Akademi Maritim Yogyakarta (AMY). Gedung tiga lantai ini nantinya akan difungsikan antara lain untuk ruang laboratorium simulator, ruang perkuliahan dan ruang dialog. Selain meresmikan gedung baru, Budi Karya Sumadi juga menjadi Keynote Speaker Dialog Nasional.

Disela-sela Dialog Nasional, Budi Karya Sumadi menyatakan apresiasinya dan menyambut baik dimana Akademi Maritim Yogyakarta ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang cinta bahari dan dapat bersaing dengan tenaga asing.

Ditambahkannya sumber daya manusia ( SDM ) kemaritiman yang handal dan berstandar internasional adalah mutlak. Di mana hal ini merupakan cita-cita pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang harus diwujudkan dalam membangun ekonomi maritim, bahkan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Indonesia bercita-cita sebagai poros maritom dunia memiliki potensi strategis dalam aktivitas perdagangan global. Mengingat 90 persen perdagangan internasional melalui transportasi laut dan 40 persen melalui rute wilayah Indonesia" imbuhnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sambungnya, pemerintah menciptakan program tol laut, dalam rangka pemanfaatan rantai distibusi global dan peningkatan konektivitas antar pulau di Indonesia.

Konektivitas ini, tambah Budi Karya, sebagai langkah strategis untuk menghilangkan disparitas harga yang terjadi antara wilayah barat dan timur Indobesia.

Disparitas harga ini akan menjamin ketersediaan barang sehingga dibutuhkan integrasi dari semua pihak. "Tol laut ini diyakini dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dan masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah barat maupun timur akan bersama-sama semakin sejahtera" terangnya. Sementara itu terkait dengan gelombang yang beberapa hari ini melanda perairan laut selatan Budi Karya Sumadi berharap agar operator pelabuhan memperhatikan himbauan dari BMKG (anjar)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi