Kembali Ke Index Video


BUPATI BANTUL TEBAR IKAN DI EMBUNG EX UJICOBA KAPAL SELAM

Jumat, 22 Februari 2019 | 21:25 WIB
Dibaca: 813
BUPATI BANTUL TEBAR IKAN DI EMBUNG EX UJICOBA KAPAL SELAM
tebar ikan di embung ngestiharjo bantul 2019

Ngestiharjo-PASTVNEWS.COM,  warta daerah - Bupati Bantul DIY Drs H Suharsono dan Muspika Kasihan para lurah serta warga menebarkan benih ikan dan menanam pohon di Embung Ngesiharjo Kasihan.

Embung ini merupakan tempat rawa yang pernah dipergunakan untuk ujicoba kapal selam disaksikan oleh Presiden Soekarno pada masa penjajahan Belanda.

Embung ini memang masih ada hubungannya dengan sejarah dengan Kraron Yogyakarta dan bahkan dengan masa penjahan Belanda,

Pemerintahan Soekarno dan juga Pabrik Gula Madukismo", demikian yang diungkapakan Lurah Ngestiharjo, Fatoni Aribowo pada saat penebaran benih ikan dan tanam pohon  di Embung Ngestiharjo oleh  Bupati Bantul, Jumat.(22/2).

Menurutnya, embung ini pada masa pemerintahan HB I dan II merupakan embung (pusat air dan wisata). Pada masa pemerintahan HB VII sebagai pesanggrahan ataupun semacam  tempat wisata Salain itu pada masa HB VII juga masih ada hubungannya dengan terjadinya pemindahan pemintahan  Kraton dari ke Yogyakarta.

Pada masa penjajahan Belanda embung ini pernah untuk ujicoba kapal selam dan dihadiri oleh Preseden Soekarno. Namun itu diketahui oleh Belanda maka kapal dirampas Belanda.

Tetapi repelika kapalnya juga masih ada. Tempat ini juga pernah digunakan sebagai pusat irigasi lahan tebu Pabrik Gula Madukismo. Hingga kini benteng benteng yang berkaitan dengan sejarah itu

masih ada. Maka oleh Pemerintah DIY temapt ini ditetapkan dan diberi nama Embung Ngestiharjo.

Dengan demikan direncanakan tempat ini akan dijadikan distinasi wisata. Di bagian tengah embung direncanakan akan dibangun tempat repelika kapal selam (di pulau/gundukan kesatu) Di gundukan dua akan dibangun patung punokawan ( untuk menunjuk adanya kebersamaan, tambah Fatoni.

Ia menambahan diharapkan tempat ini bisa dijadikan sebagai distinasi wisata. Kini pembangunannya diantaranya membangket sisa barat tembung, namun masih kekurangan dana anggaran, maka memerlukan bantuan.

Sementara itu Bupati Bantul , Drs H Suharsono menyatakan pihaknya menyambit positif akan adanya distinasi wisata Embung Ngestiharjo.

Sedang Anggota DPRD Bantul yang juga warga Ngestiharjo Datin Wisnu Pranyoto ketika dimintai pendapatnya menyatakan , pada intinya pihakmenyambut positif adanya keinginan warga terkait hal itu. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi